Menelaah Cara Screenshot di Laptop dan MacBook

Image title
19 April 2022, 13:57
Ilustrasi cara screenshot di laptop.
burst/pexels.com
Ilustrasi cara screenshot di laptop.

Cara screenshot di laptop adalah sesuatu yang cukup penting untuk diketahui. Screenshot atau tangkapan layar dilakukan untuk menyimpan suatu informasi yang ditampilkan pada layar laptop dalam bentuk foto ke folder tertentu.

Jika dilihat dari praktiknya, fitur ini sering digunakan pada ponsel atau handphone. Beberapa ponsel memiliki trik yang berbeda-beda, namun terbilang mudah dan telah diketahui oleh penggunannya sejak awal pembelian ponsel.

Namun berbeda dengan laptop, banyak penggunanya belum mengetahui cara untuk screenshot layar laptop.

Cara Screenshot di Laptop

Untuk melakukan screenshot, cara di beberapa jenis laptop berbeda-berbeda. Namun hal tersebut tidaklah sulit. Berikut beberapa cara screenshot di laptop.

1. Tombol PrintScreen

Cara pertama dan sering digunakan untuk screenshot di laptop dengan satu tombol yang paling mudah yaitu dengan menekan tombol PrintScreen (prt sc atau PrtScr). Untuk lebih jelasnya, berikut langkah screenshot dengan menggunakan satu tombol.

  • Siapkan tampilan layar yang hendak di-screenshot.
  • Tekan tombol 'Prt Sc' pada keyboard
  • Bukalah apilkasi Paint yang sudah satu paket dengan perangkat Windows. Kemudian, tekan menu 'paste' atau tekan 'ctrl + v'.
  • Selanjutnya, Anda dapat menyimpan dengan memilih menu File > Save As > JPEG.

2. Kombinasi Tombol 'Windows' + 'Prt SC'

Tangkapan layar dengan cara ini sudah dilakukan sejak Windows XP digunakan. Meski sudah tidak diperbaharui, cara screenshot di laptop pada Windows XP ini masih dilakukan pada Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, sampai Windows 10. Berikut caranya:

  • Tekan Logo "Windows" + "Print Screen (Prt Sc)" secara bersamaan pada keyboard komputer.
  • Setelah itu layar laptop atau komputer akan berkedip sebentar, hal ini menunjukkan kalau proses screenshot sudah selesai.
  • Lalu gambar hasil screenshot akan tersimpan secara otomatis di folder picture laptop tepatnya C:Users[nama user]PicturesScreenshots.

3. Menggunakan Snip & Sketch

Hanya dengan menekan tombol "Windows" + "Shift" + "S". Kemudian setelah selesai, akan muncul jendela baru, tempat layar yang ditangkap muncul.

Untuk melakukan screenshot, cukup gerakkan kursor bersimbol '+' dan letakkan pada bagian layar laptop atau komputer yang ingin disimpan. Metode ini mirip dengan ketika kita ingin memotong (crop) gambar.

Bagian layar yang terekam, akan berubah warna menjadi terang, dan setelah selesai, hasil screenshot akan muncul pada sudut kanan bawah layar laptop atau komputer.

Pilih untuk melihat hasil screenshot pada clipboard, dan mengedit gambar dengan menambahkan atau mengurangi bagian tertentu. Setelah selesai, klik ikon bergambar disket untuk menyimpan hasil screenshot dan memilih folder tempat menyimpannya.

Cara Screenshot di MacBook

MacBook memiliki sistem yang berbeda dengan laptop lain. MacBook  menggunakan MacOs dan laptop lain alzimnya menggunakan Windows atau Linux dan beberapa support system setara. Perbedaan itu juga membuat cara menangkap layar atau screenshot pada MacBook berbeda

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement