Tingkatkan Imunitas di Saat Pandemi, Ini Tips Berjemur Matahari Pagi

Sorta Tobing
30 Maret 2020, 14:02
Berjemur sinar matahari pagi, Tips Berjemur sinar matahari pagi, Fakta Berjemur sinar matahari pagi, Berjemur sinar matahari pagi Terhindar Corona, Imunitas tubuh, virus corona, pandemi corona, covid-19
ANTARA FOTO/Septianda Perdana/foc.
Seorang ibu menjemur kedua anaknya di bawah sinar matahari di Medan, Sumatera Utara, Minggu (22/3/2020). Berjemur menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi virus corona.

Kasus virus corona terus meningkat setiap hari. Segala upaya sedang masyarakat  lakukan untuk mencegah penularannya. Salah satu caranya adalah dengan berjemur sinar matahari pagi.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sampai mengeluarkan imbauan untuk warganya membiasakan dirinya berjemur di tengah pandemi corona. Paling tidak kegiatan ini bisa dilakukan minimal 15 menit setiap hari pada pagi atau sore hari.

“Yang biasa kerja di kantor, saya mohon para manajer dan direkturnya untuk mengeluarkan pegawainya 15 menit saja. Supaya terkena sinar matahari, itu penting,” kata Risma di Surabaya. Minggu (29/3), seperti dilansir dari Antara.

Tak hanya itu, ia juga menganjurkan warga Surabaya untuk minum vitamin C, rajin olahraga, dan istirahat teratur. Tujuannya, agar imunitas tubuh tetap stabil. Virus Covid-19 menginfeksi manusia ketika daya tahan tubuhnya lemah.

(Baca: Universitas Oxford Cari Sukarelawan untuk Jajal Vaksin Virus Corona)

Nah, soal berjemur ini ternyata tak semua sinar matahari baik untuk kesehatan tubuh. Ahli gizi Dokter Tan Shot Yen dalam sebuah video di Youtube mengatakan pukul 10 pagi merupakan waktu yang paling tepat.

Pada waktu tersebut matahari akan memancarkan ultraviolet B. “UV B ini gelombangnya lebih pendek. Kita harus tunggu sedikit mataharinya naik. Jadi, di khatulistiwa sekitar jam 10 sudah ada,” ujar Tan.

Ketika ultraviolet B masuk ke tubuh ia membawa provitamin B3. Bersama dengan kolesterol di bawah kulit manusia, B3 akan membentuk D3. “Vitamin inilah yang menjadi sumber kekebalan tubuh manusia,” ucapnya.

(Baca: Bahaya Menyemprot Disinfektan Corona Mengandung Klorin ke Tubuh)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...