Telat Melihat Supermoon Tadi Malam, Berikut Jadwal Berikutnya

Sorta Tobing
8 Mei 2020, 19:00
bulan, supermoon 2020, fenomena supermoon, supermoon terakhir 2020, bulan purnama besar
ANTARA FOTO/REUTERS/Simon Dawson/pras/cf
Simon Dawson Bulan purnama yang dikenal sebagai Supermoon atau Flower Moon, terlihat di atas Tower Bridge, London, Britain, Kamis (7/5/2020).

Bulan purnama super atau supermoon menghiasi langit dan terlihat jelas di seluruh belahan bumi semalam, Kamis (7/5). Peristiwa bulan berada dalam posisi terdekat dengan bumi ini merupakan yang terakhir pada 2020.

“Ukurannya terlihat besar kalau dipotret dan dibandingkan dengan potret purnama rata-rata,” kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin pada Rabu lalu.

Supermoon kali ini disebut Super Flower Moon karena bertepatan dengan masuknya musim semi di belahan bumi utara. Bulan lalu, fenomena ini juga muncul dan disebut Super Pink Moon karena warnanya yang cerah.

“Yang paling besar sudah April 2020. Yang paling kecil, yang terakhir ini,” kata Kepala Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Hendra Suwarta.

(Baca: 11 Januari 2020, Gerhana Bulan Penumbra Akan Muncul di Indonesia )

Kalau Anda terlambat mengamatinya, jangan khawatir. Peristiwa supermoon akan terjadi lagi tahun depan. Melansir dari Forbes, berikut ini jadwalnya:

  • 28 Maret 2021 : Super Worm Moon, supermoon ini terjadi pada Maret, ketika cacing mulai muncul dari tanah, tanda berakhirnya musim dingin di belahan bumi utara.
  • 27 April 2021 : Super Pink Moon, jenis ini merupakan yang terbesar dan tercerah dibandingkan bulan purnama super lainnya.
  • 26 Mei 2021 : Super Flower Moon, supermoon yang muncul ketika memasuki musim semi ketika bunga-bunga mulai muncul.
  • 24 Juni 2021 : Super Strawberry Moon, julukannya berasal dari penduduk asli Amerika Utara di bagian timur yang melacak bulan purnama Juni sebagai waktu memanen stroberi liar.

(Baca: Gerhana Matahari di Berbagai Wilayah dan Cara Menyaksikannya)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...