Aplikasi yang Bisa Digunakan untuk Mengamati Gerhana Matahari Hari ini

Fahmi Ahmad Burhan
26 Desember 2019, 08:37
gerhana matahari cincin, aplikasi
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Agussani (kiri) bersama Kepala OIF UMSU Arwin Juli Rakhmadi Butarbutar, memperlihatkan sejumlah teleskop yang akan digunakan untuk mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Observatorium Ilmu Falak UMSU, Medan, Sumatera Utara, Senin (23/12/2019).

Sebagian wilayah di dunia hari ini, Kamis (26/12) akan mengalami fenomena alam yang cukup langka yakni gerhana matahari cincin (GMC) hari ini, Kamis (26/12).

Fenomena dapat dinikmati oleh sejumlah wilayah di dunia seperti Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Oman, India selatan, Sri Lanka utara, Samudra Hindia, Malaysia, Singapura, Filipina, hingga Indonesia.

Namun tidak seluruh wilayah Indonesia bisa menikmati fenomena GMC hari ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hanya tujuh provinsi di Indonesia yang bisa menikmati fenomena GMC, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

"Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), masyarakat hanya bisa menikmati fenomena itu secara sebagian atau gerhana matahari parsial yang bisa diamati mulai pukul 10.43 WIB," sebut BMKG dikutip dari laman resminya www.bmkg.go.id.

(Baca: Gerhana Bulan 152 Tahun Sekali)

Lembaga antariksa Amerika Serikat (AS), The National Aeronautics and Space Administration (NASA) bakal menyiarkan fenomena ini secara streaming melalui YouTube. Selain NASA, beberapa aplikasi juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menonton gerhana sekaligus mendapatkan informasi seputar fenomena alam ini.

1. Annular Solar Eclipse

Aplikasi yang dikembangkan Alok Mandavgane ini menyediakan informasi seputar gerhana. Annular Solar Eclipse akan menunjukkan kepada penggunanya terkait keadaan gerhana pada lokasi yang dipilih pengguna. Aplikasi itu juga memiliki berbagai artikel tentang gerhana.

Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.alokm.solareclipse

2. Solar Eclipse by Redshift

Solar Eclipse by Redshift menyediakan fitur simulasi gerhana matahari yang terjadi mulai sejak 1990 sampai 2100. Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini yaitu simulasi gerhana interaktif dimana pengguna bisa melihat pemandangan gerhana dari lokasi terkini, pemandangan dari lokasi terbaik, pemandangan dari orbit di sekitar bumi, dan pemandangan dari matahari.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...