Seperti Bio Farma-Sinovac, Vaksin-Vaksin Ini Juga Masuki Uji Klinis 3

Sorta Tobing
21 Juli 2020, 16:32
vaksin virus corona, sinovac, bio farma, covid-19
123RF.com/Lightfieldstudios
Ilustrasi. Sebanyak 2.400 vaksin Covid-19 dari perusahaan asal Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd, tiba di Indonesia pada Minggu (19/7). Bio Farma akan melakukan uji klinis vaksin itu pada Agustus 2020.

Sebanyak 2.400 vaksin Covid-19 dari perusahaan asal Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd, tiba di Indonesia pada Minggu (19/7). PT Bio Farma (Persero) telah menerima vaksin itu dan akan dipakai untuk proses uji klinis tahap ketiga pada Agustus 2020.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir dalam siaran persnya kemarin mengatakan uji klinis vaksin akan berjalan selama enam bulan. “Apabila lancar, maka kami akan memproduksinya pada kuartal pertama tahun 2021,” katanya.

Advertisement

Perusahaan bakal memproduksi 40 juta dosis vaksin itu per tahun. Sinovac terpilih menjadi mitra dalam pembuatan vaksin virus corona karena memiliki metode pembuatan yang sama dengan Bio Farma.

Dengan metode inaktivasi, Bio Farma sudah memiliki pengalaman dalam pembuatan vaksin Pertusis. Vaksin yang dikirim Sinovac masih memerlukan beberapa tahapan lagi sebelum bisa dilakukan uji klinis. Tahapan akhir itu adalah pengujian di dalam laboratorium dan beberapa perizinan lainnya.

Proses uji klinis pada bulan depan akan dilaksanakan di Pusat Uji Klinis Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran. Sebanyak 1.620 subjek dengan rentang usia 18 hingga 59 tahun akan terlibat. Sisa vaksinnya akan dipakai untuk pengujian di beberapa laboratorium lainnya, termasuk Pusat Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPOMN).

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengatakan perkembangan vaksin ini merupakan kabar baik. Namun, masyarakat sebaiknya tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan.

Menteri BUMN itu mengatakan masyarakat harus tetap menjaga jarak, mencuci tangan, dan mengenakan masker untuk mencegah penularan Covid-19. "Jangan berasumsi ketika ada suasana yang positif, apakah itu vaksin, penyembuhan yang meningkat, sudah waktunya hidup seperti normal yang dulu. Bukan seperti itu," ujar Erick.

Vaksin corona
Vaksin corona (Katadata)

Vaksin Covid-19 yang Sukses Tahap Uji Klinis Awal

Kabar baik juga datang dari CanSino Biologics Inc dan unit riset militer Tiongkok. Vaksin yang mereka kembangkan terbukti aman dan menghasilkan respon imun di sebagian besar penerimanya.

Vaksin yang bernama Ad5-nCOV itu telah melalui tahap uji klinis kepada manusia. Melansir dari Reuters, vaksin ini akan bersiap memasuki tahap akhir. Bahkan pemerintah setempat telah memberi lampu hijau penggunaannya untuk kalangan militer Tiongkok.

CanSino Biologis mengembangkan vaksi itu bersama Moderna Inc, BioNTech SE, dan Inovia Pharmaceuticals Inc. Calon vaksin ini memakai adenovirus untuk membawa materi genetik protein Covid-19 ke dalam tubuh manusia.

Metode yang sama juga dipakai para peneliti di Universitas Oxford dan AstraZeneca untuk mengembangkan vaksinnya. Hasil dari uji coba pertama terhadap manusia, menurut pihak Oxford pada Senin lalu, menunjukkan adanya respon imun untuk melawan virus corona.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement