Nyoman Nuarta, Pematung yang Mendesain Istana Negara & Masjid Agung

Sorta Tobing
5 April 2021, 13:43
nyoman nuarta, istana negara, ibu kota baru, kalimantan, jokowi
Instagram @jokowi
Desain istana negara di ibu kota baru, Kalimantan Timur, karya pematung Nyoman Nuarta.

Pradesain istana negara di ibu kota baru, Kalimantan Timur, telah terpilih. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan karya seniman patung Nyoman Nuarta memenangkan sayembara tersebut. 

Bentuk bangunannya serupa Burung Garuda yang sedang melebarkan sayap. Presiden Joko Widodo menyebut usulan ini sarat dengan filosofi lambang negara sebagai pemersatu bangsa. 

Dalam akun Instagram-nya @jokowi, Sabtu (3/4), ia menyertakan video singkat penampilan istana tersebut dan meminta masukan dari seluruh pihak terkait desainnya. “Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain,” tulisnya.

Ia menginginkan istana negara nantinya tidak hanya dikenang sebagai tempat presiden bekerja atau simbol kebanggaan bangsa. “Tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa,” ujar Jokowi.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menargetkan pembangunan bangunan itu akan mulai tahun ini. “Pada 17 Agustus 2024, Presiden dapat melaksanakan upacara di ibu kota negara baru,” katanya beberapa waktu lalu. 

Sebelumnya, lima asosiasi profesi mengkritik desain baru istana negara tersebut. Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) I Ketut Rana Wiarcha mengatakan, bangunan yang berbentuk Burung Garuda tersebut tidak mencirikan kemajuan peradaban bangsa Indonesia di era digital.

Gedung istana negara seharusnya merefleksikan kemajuan peradaban, baik budaya, ekonomi, dan komitmen pada tujuan pembangunan berkelanjutan Indonesia. Metafora harfiah pada dunia perancangan arsitektur dan era teknologi 4.0 mulai ditinggalkan.  

"Metafora harfiah yang direpresentasikan melalui gedung berbentuk patung burung tersebut tidak mencerminkan upaya pemerintah dalam mengutamakan forest city atau kota yang berwawasan lingkungan," ujar Rana, dikutip dari Kompas.com.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...