KIP Kuliah 2021 untuk 200 Ribu Mahasiswa, Begini Cara Daftarnya

Sorta Tobing
21 April 2021, 15:56
kip kuliah 2021, nadiem makarim, mendikbud, kartu indonesia pintar
ANTARA FOTO/Maulana Surya/hp.
Ilustrasi. KIP Kuliah 2021.

Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka untuk 200 ribu mahasiswa berlanjut pada 2021. Program ini diperuntukkan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi bebas biaya. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memastikan bantuan pendidikan dan biaya hidup KIP Kuliah 2021 jauh lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Anggarannya mencapai Rp 2,5 triliun.

“Sekarang adalah kesempatan bagi adik-adik yang kurang mampu tapi berprestasi bisa masuk ke program studi di kampus hebat di Indonesia,” ujar Nadiem dalam “Peluncuran Merdeka Belajar episode 9 : KIP Kuliah Merdeka” pada 26 Maret lalu.

Biaya pendidikan yang sebelumnya sebesar Rp 2,4 juta per semester akan berubah. Untuk program studi terakreditasi A, maksimal Rp 12 juta per semeter. Program studi terakreditasi B maksimal Rp 4 juta per semester dan program studi terakreditasi C maksimal Rp 2,4 juta per semester. 

Untuk biaya hidup juga akan ada penyesuaian sesuai indeks harga daerah. Sebelumnya, angkanya sebesar Rp 700 ribu per bulan dan merata untuk seluruh Indonesia. “Jadi jangan khawatir jika diterima di kampus di Jakarta, biaya hidupnya disesuaikan dengan klaster daerahnya,” ujar Nadiem.

Biaya hidup KIP Kuliah dibagi menjadi lima klaster. Pertama, Rp 800 ribu per semester. Klaster dua, Rp 950 ribu per semester. Ketiga, Rp 1,1 juta per semester. Keempat, Rp 1,25 juta per semester. Dan terakhir,  klaster lima sebesar Rp 1,4 juta per semester.

Infografik_Bantuan KIP Kuliah Merdeka Dinaikkan
Infografik_Bantuan KIP Kuliah Merdeka Dinaikkan (Katadata)

Cara Daftar KIP Kuliah

Melansir dari laman https://kip-kuliah.kemendikbud.go.id ada lima keunggulan dari KIP kuliah:

1. Jumlah penerima yang banyak.
2. Lebih banyak memberi akses kepada pendidikan vokasi.
3. Sistem yang terintegrasi dengan perguruan tinggi.
4. KIP Kuliah dibagi menjadi 2 yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi.
5. KIP Kuliah Afirmasi meliputi biaya program Afirmasi pendidikan tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

Pendaftaran akun KIP Kuliah telah dibuka pada 8 Februari 2021 dan akan ditutup pada 31 Oktober 2021, berikut prosedur pendaftarannya:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...