KSAL TNI Sebut Kemungkinan Oksigen KRI Nanggala Bertahan 5 Hari

Sorta Tobing
24 April 2021, 18:42
kri nanggala, kri nanggala-402, tni, kapal selam
Antara
KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam.

TNI belum dapat memastikan KRI Nanggala-402 saat hilang kontak mengalami keadaan mati listrik (blackout) atau tidak. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyebut oksigen kapal selam itu dapat bertahan lima hari apabila listriknya tetap menyala. 

“Kemarin yang saya sampaikan (mesin dan listrik) masih hidup semua. Isyarat-isyarat untuk perang tempur, perang menyelam masih terdengar dari kapal penjejak Komando Pasukan Katak (Kopaska) yang jaraknya 50 meter dari kapal selam tersebut,” katanya dalam konferensi pers, Sabtu (24/4). 

Advertisement

Dari informasi itu, ia berharap KRI Nanggala-402 tidak dalam keadaan lsitrik mati. Apabila yang terjadi sebaliknya, persediaan oksigen hanya cukup 72 jam. 

KRI Nanggala-402 mengalami hilang kontak pada hari Rabu lalu sekitar pukul 03.00 WITA. Jika kondisi kapal dalam keadaan blackout, maka persediaan oksigennya telah habis pada pagi tadi.

Pencarian kapal selam itu masih terus berlangsung. TNI fokus pada sembilan titik di perairan utara Bali. Lokasinya sekitar 40 kilometer dari pesisir Celukan Bawang, Kabupaten Buleleng.

Sembilan titik itu jadi daerah fokus penyelidikan karena tim pencari sempat menemukan tumpahan minyak serta mendeteksi daya magnet cukup kuat pada kedalaman 50 sampai 100 meter.

OPERASI PENCARIAN KRI NANGGALA HARI KE EMPAT
Operasi pencarian KRI Nanggala-402. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/hp.)

KRI Nanggala Dinyatakan Tenggelam

TNI telah menyatakan temuan barang di lokasi hilangnya KRI Nanggala-402 menjadi bukti otentik kapal selam itu telah tenggelam. Tim pencari menemukannya dalam kondisi terapung.

Barang-barang itu diyakini sebagai kompenen melekat di kapal selam. “Dan tidak akan terangkat ke luar kapal apabila tidak ada tekanan dari luar atau terjadi keretakan di peluncur torpedo,” kata Yudo.

Selain menemukan tumpahan minyak juga ada komponen-komponen yang diyakini milik kapal KRI Nanggala-402. "Barang-barang ini tidak dimiliki oleh umum dan di sekitar radius 10 mil tidak ada kapal lain yang melintas sehingga diyakini ini adalah milik KRI Nanggala," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement