Momen Ramadan dan Lebaran Dongkrak Omzet Peritel Modern 30%

Cahya Puteri Abdi Rabbi
19 Mei 2021, 13:04
ramadan, retail, aprindo, perdagangan, lebaran
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.
Ilustrasi. Omzet peritel modern capai Rp 15 triliun selama Ramadan dan Lebaran 2021.

Asosiasi Pengusaha Ritel Modern seluruh Indonesia (Aprindo) memperkirakan omzet peritel mencapai Rp 12 triliun hingga Rp 15 triliun di seluruh Indonesia selama periode Ramadan dan Lebaran 2021.

Ketua Umum Aprindo Roy Mandey mengatakan, lebaran tahun ini menunjukan adanya tren peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan penjualan sebesar 25% sampai 30%.

Advertisement

“Peningkatan ini terjadi khususnya di minggu ketiga bulan April, setelah sebagian masyarakat menerima tunjangan hari raya (THR),” kata Roy kepada Katadata.co.id, Selasa (18/5).

Ia mengatakan, peningkatan penjualan tertinggi didominasi wilayah Kalimantan, Sumatera, dan Jawa. Sedangkan kelompok masyarakat yang berkontribusi besar terhadap peningkatan penjualan adalah kelas menengah.

Peningkatan penjualan tersebut masih belum signifikan jika dibandingkan dengan tingkat penjualan pada periode lebaran sebelum adanya pandemi Covid-19. Pada periode tersebut tingkat penjualan bisa melonjak hingga 45%. 

Larangan mudik menjadi salah satu pemicu transaksi pada saat momentum lebaran menjadi tidak sama seperti sebelumnya. “Masyarakat jadi tidak belanja oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halaman masing-masing,” kata dia.

Ia mengatakan, industri ritel akan terus tumbuh jika pandemi Covid-19 bisa ditangani. Daya beli masyarakat juga turut membantu industri ritel untuk kembali pulih. “Kalau angka positif Covid-19 makin rendah, pasti akan ada pelonggaran-pelonggaran dan mendorong mobilitas masyarakat, sehingga meningkatkan transaksi masyarakat di ritel dan pusat belanja,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement