Sarinah - Dufry Buka 100 Gerai Bebas Bea di Dunia untuk Produk UMKM RI

Rizky Alika
12 Mei 2021, 13:35
sarinah, produk umkm, dufry, erick thohir
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Warga melintas di depan toko Sarinah yang tutup, di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), melalui Sarinah, ingin bekerja sama dengan perusahaan retail bebas bea atau duty free, Dufry, untuk membangun 100 gerai duty free pilihan di dunia. Gerai ini akan menjual produk usaha mikro, kecil, menengah (UMKM), dan komoditas unggulan Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir hari ini, Rabu (12/5), telah bertemu dengan salah satu pendiri perusahaan yang berbasis di Swiss tersebut, Luis Andres N. Holzer. Menurut Erick, Dufry menyepakati usulan tersebut dan berkomitmen untuk membuka 100 gerai duty free bersama dengan Sarinah.

"Kita bisa memulai dengan 10 produk super prioritas, super unggul, dan super diminati di pasar duty free dan ekspor dulu, selain agar kita fokus, juga untuk memperoleh consumers insights yang lebih dalam," kata Erick seperti dikutip dari keterangan pers, Rabu (12/5).

Nantinya, gerai tersebut akan menjajakan produk seperti kopi, teh, rempah-rempah, produk kecantikan dan kesehatan, rotan, mebel, wastra, dan berbagai hasil bumi nusantara. Dengan kerja sama yang bersifat resiprokal ini Sarinah berpeluang hadir di berbagai gerai bebas bea Dufry di seluruh dunia.

Erick menjelaskan bahwa kerja sama Sarinah dengan Dufry telah dirintis sejak 2020. Sarinah akan menyediakan lahan untuk Dufry di Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat. Disamping itu Sarinah juga akan membantu pengembangan bisnis duty free di berbagai bandara udara internasional di tanah air.

Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati mengatakan bahwa sebagai promotor dan kurator produk UMKM, Sarinah telah melakukan transformasi bisnis termasuk menyiapkan outlet down town duty free di Sarinah Thamrin. Diharapkan pada kuartal ke-IV 2021, soft opening sudah bisa dilakukan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...