Jeff Bezos Lelang 1 Kursi Wisata ke Luar Angkasa, Tertarik Ikut?

Sorta Tobing
10 Juni 2021, 11:58
jeff bezos, wisata luar angkasa, blue origin, new spehard<iframe style="height:700px; width:100%; border: none;" src="https://databoks.katadata.co.id/datapublishembed/119767/jeff-bezos-masih-jadi-orang-terkaya-dunia-pada-2021"></iframe>
Instagram/JeffBezos
Jeff Bezos, pendiri perusahaan teknologi dan e-commerce Amazon.

Jeff Bezos, salah satu orang terkaya di dunia siap membawa manusia berekreasi ke luar angkasa bersama perusahaan antariksanya, Blue Origin. Perusahaan yang didirikannya pada tahun 2000 ini berencana meluncurkan roket bernama New Shepard pada 20 Juli 2021.

Pada unggahan akun Instagram pribadi miliknya, bos perusahaan teknologi dan e-commerce Amazon itu menyebut wisata luar angkasa adalah bagian dari mimpinya. Ia juga akan terbang ke luar angkasa bersama saudaranya, Mark. 

Advertisement

“Sejak saya berusia lima tahun, saya bermimpi bepergian ke luar angkasa. Pada 20 Juli, saya akan melakukan perjalanan itu dengan saudara laki-laki saya. Petualangan terbesar, dengan sahabat saya,” tulis Bezos pada akun @jeffbezos, Senin (7/6).

Para astronot yang akan ikut serta dalam penerbangan manusia ke luar angkasa ini kemungkinan termasuk personel perusahaan Blue Origin. Namun, ada satu kursi lagi tersedia yang akan dilelang.

Lelang Satu Kursi Wisata Luar Angkasa

Laman resmi milik Blue Origin mengadakan lelang satu kursi untuk orang yang berminat ikut serta dalam wisata luar angkasa pertama oleh Blue Origin. Lelang yang berlangsung secara daring ini akan ditutup pada 12 Juni 2021.

Blue Origin mengatakan telah menerima hampir 6 ribu peserta penawar dari 143 negara. Hingga lima hari sebelum lelang ditutup, tawaran tertinggi mencapai US$ 2,8 juta atau hampir Rp 40 miliar. 

Berdasarkan pernyataan di laman Blue Origin, jumlah tawaran yang menang akan disumbangkan ke Yayasan Blue Origin. Dana tersebut nantinya digunakan untuk mempromosikan pendidikan sains dan teknologi serta membantu menciptakan masa depan kehidupan di luar angkasa.

Direktur Penjualan Orbital dan Astronot Blue Origin Ariane Cornell mengatakan, hingga saat ini Blue Origin belum membahas lebih lanjut terkait opsi penetapan harga untuk satu kursi penumpang tersebut. Secara jangka panjang, biaya yang dirogoh turis antariksa untuk melakukan wisata luar angkasa ini disebut tidak akan sebesar tawaran lelang. 

Pada 2018, Blue Origin memprediksi biaya penumpang untuk wisata luar angkasa ini setidaknya US$ 200 ribu per orang atau sekitar Rp 2,8 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement