10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami, Mudah dan Aman

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat. Berikut penjelasan lengkapnya.
Image title
23 Juni 2021, 18:40
10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami, Mudah dan Aman
The Clinic Beautylosophy
ilustrasi wajah cerah tanpa bekas jerawat.

Jerawat dapat menjadi momok bagi banyak orang. Bekasnya pun bisa sangat mengganggu wajah.

Kehadiran jerawat merupakan tanda gangguan pada kulit wajah. Biasanya karena  produksi minyak berlebih sehingga menyumbat pori-pori. Lama-kelamaan jerawat dapat menyebabkan peradangan, sehingga kerap menimbulkan rasa sakit.

Faktor penyebab munculnya jerawat sebenarnya berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang karena produksi minyak yang berlebih,  sumbatan pada folikel rambut, perkembangan bakteri yang menyebabkan peradangan, sampai pada aktivitas hormon yang membuat jerawat menjadi tumbuh subur. 

Dampak dari jerawat terkadang adalah munculnya bekas kehitaman atau kemerahan pada wajah.  Untuk mengatasi masalah ini berikut adalah caranya. 

Advertisement

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Penggunaannya cenderung  membutuhkan waktu lebih lama ketimbang memakai obat-obatan.

Banyak orang mau mencoba karena merasa lebih aman dan alami. Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan mudah dan tentunya aman:

1. Lidah biaya

Lidah buaya sudah lama dikenal sebagai tanaman yang memiliki berbagai fungsi untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Banyak produk perawatan kulit alias skincare dan make up menjadikannya sebagai bagian dari komposisinya.

Khasiat lidah buaya bagi kesehatan kulit sebagai berikut:

  • Dapat meningkatkan respon dari imun tubuh

Lidah buaya dapat meningkatkan respon dari imun tubuh terhadap peradangan. Respon cepat ini mampu mencegah kemunculan jerawat. Tak ada jerawat maka tak ada pula bekas jerawat.

  • Meningkatkan produksi kolagen dan elastin

Kedua senyawa tersebut diketahui mampu mempercepat menyembuhan luka sekaligus membantu mengurangi tanda penuaan dini. Lidah buaya dipercaya mampu meningkatkan produksi dari kedua senyawa tersebut, sehingga dapat menghilangkan bekas jerawat.

  • Mengurangi peradangan

Seperti telah disebutkan sebelumnya, risiko perdangan dapat diminimalisir dengan lidah buaya. Potensi munculnya jerawat pun jadi semakin rendah. Tanpa ada jerawat, maka kulit akan tetap bersih dan mulus tanpa bekas.

Untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai obat menghilangkan jerawat, caranya sangatlah mudah. Anda bisa langsung memotong lidah buaya, kemudain ambil gelnya. Olaskan gel tersebut pada bekas jerawat kemudian pijat dengan perlahan.

Biarkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas dan keringkan. Lakukan cara tersebut setidaknya dua sampai tiga kali dalam sehari untuk menghilangkan bekas jerawat lebih maksimal.

2. Menggunakan sari lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami selanjutnya yakni menggunakan sari lemon. Lemon selain diketahui bisa memutihkan kulit, juga dipercaya dapat mencerahkan luka, mengangkat sel kulit mati, meningkatkan proses pertumbuhan sel kulit yang baru, serta menambah elastisitas dari kulit.

Untuk mengatasi jerawat menggunakan sari lemon cukup mudah. Pertama,, peras lemon, kemudian ambil kapan dan celupkan pada air lemon tersebut. Lalu, tempelkan kapas pada bekas jerawat.

Biarkan sampai kurang lebih 10 menit kemudian bilas dengan air bersih. Ulangi satu sampai dua kali sehari agar bekas jerawat cepat hilang.

3. Memanfaatkan air kelapa

Bahan alami ini sangatlah mudah didapat dan harganya pun sangat terjangkau. Air kelapa yang menyegarkan dan menyehatkan memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak yang baik bagi kulit.

Untuk menggunakannya ke kulit muka, Anda dapat langsung mengoleskan air kelapa hangat pada bagain bekas jerawat kemudain pijat lembut selama 5 – 10 menit. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas dengan air hangat. Anda bisa mangulangi perawatan tersebut sekali atau dua kali sehari dalam beberapa minggu.

4. Baking soda

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan cepat lainnya yakni memakai baking soda. Bahan ini memang tak biasa digunakan dalam produk kecantikan. Namun, baking sodang tetap aman digunakan karena sistem kerjanya sebagai exfoliant ringan yang dapat memudarkan bekar jerawat.

Cara menggunakannya, campurkan baking soda sekitar dua sendok teh. Kemudian, tambahkan air sampai berbentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada bekas jerawat, tunggu beberapa menit lalu bilas. Ulangi sekali setiap hari dalam beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Cuka apel

Sifat asam cuka apel membuat proses pencerahan pigmen kulit menjadi lebih cepat. Bahan alami ini diketahui mampu merangsang produksi kolagen, memperbaiki sel-sel kulit, dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara memakainya, campur cuka apel dengan air dalam jumlah yang sama. Oleskan campuran tersebut menggunakan kapas dan tempelkan ke bekas jerawat sekitar lima menit. Bilas dengan air besih dan ulangi setiap hari. Pemakaian yang rutin akan membuat bekas jerawat lebih cepat memudar.

6. Kunyit

Selain memiliki fungsi dan khasiat dalam bidang kesehatan, kunyit juga dapat menghilangkan jerawat. Sudah banyak produk kecantikan yang umumnya dalam bentuk masker memasukkan kunyit dalam komposisinya. Kandungan kurkumin kunyit dipercaya dapat menyembuhkan luka di kulit.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, campur kunyit bubuk sekitar satu sendok makan dengan air lemon sampai berbentuk pasta. Kemudian, oleskan ke bagian kulit yang terdapat bekas jerawatnya. Tunggu sampai 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Ulangi pemakaian dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Madu

Salah satu bahan yang biasanya digunakan dalam campuran makanan atau minuman ini sudah sejak lama baik bagi kesehatan. Madu dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mengonsumsinya secara rutin dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami menggunakan madu sangat mudah. Anda bisa mengoleskan madu langsung pada bekas jerawat tersebut. Kemudian tutupi dengan kain kasa atau perban, dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, saat bagun tidur langsung bersihkan dengan air hangat. Lakukan langkah tersebut setiap hari sebelum tidur.

8. Mentimun

Mentimun mengandung vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan air yang tinggi pada mentium juga membuatnya mampu untuk menjaga kelembaban kulit.

Cara menggunakannnya, iris tipis-tipis mentimun kemudian langsung letakan diatas bekas jerawat, dan biarkan selam 30 menit. Bilas wajah dengan air dingin lalu keringkan. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa menggunakannya secara rutin.

9. Gula pasir

Gula pasir memiliki kandungan asam glikolat dan alfa hidroksi yang dapat membersihkan sel kulit mati dan membantu pembentukan jaringan sel yang baru. Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan bekas jerawat.

Caranya, tambahkan gula pasir dengan minyak zaitun dengan takaran dua banding satu. Kemudian, tambahkan juga lima tetes air lemon. Campurkan seluruh bahan sampai merata kemudian aplikasikan ke wajah seperti menggunakan scrab pada umumnya. Diamkan terlebih dahulu selama 15 menit dan bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara tersebut dua sampai tiga kali sehari.

10. Kentang

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya dengan menggunakan kentang. Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya mampu menyembuhkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.

Penggunannya sangat mudah, iris tipis kentang dan tempelkan pada wajah yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih. Cara ini relatif aman, Anda bisa melakukannya sesering mungkin atau sekitar tiga kali seminggu.

 

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait