10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami, Mudah dan Aman

Siti Nur Aeni
23 Juni 2021, 18:40
10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami, Mudah dan Aman
The Clinic Beautylosophy
ilustrasi wajah cerah tanpa bekas jerawat.

Jerawat dapat menjadi momok bagi banyak orang. Bekasnya pun bisa sangat mengganggu wajah.

Kehadiran jerawat merupakan tanda gangguan pada kulit wajah. Biasanya karena  produksi minyak berlebih sehingga menyumbat pori-pori. Lama-kelamaan jerawat dapat menyebabkan peradangan, sehingga kerap menimbulkan rasa sakit.

Advertisement

Faktor penyebab munculnya jerawat sebenarnya berbeda-beda untuk setiap orang. Ada yang karena produksi minyak yang berlebih,  sumbatan pada folikel rambut, perkembangan bakteri yang menyebabkan peradangan, sampai pada aktivitas hormon yang membuat jerawat menjadi tumbuh subur. 

Dampak dari jerawat terkadang adalah munculnya bekas kehitaman atau kemerahan pada wajah.  Untuk mengatasi masalah ini berikut adalah caranya. 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Bahan Alami

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Penggunaannya cenderung  membutuhkan waktu lebih lama ketimbang memakai obat-obatan.

Banyak orang mau mencoba karena merasa lebih aman dan alami. Berikut ini bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan mudah dan tentunya aman:

1. Lidah biaya

Lidah buaya sudah lama dikenal sebagai tanaman yang memiliki berbagai fungsi untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Banyak produk perawatan kulit alias skincare dan make up menjadikannya sebagai bagian dari komposisinya.

Khasiat lidah buaya bagi kesehatan kulit sebagai berikut:

  • Dapat meningkatkan respon dari imun tubuh

Lidah buaya dapat meningkatkan respon dari imun tubuh terhadap peradangan. Respon cepat ini mampu mencegah kemunculan jerawat. Tak ada jerawat maka tak ada pula bekas jerawat.

  • Meningkatkan produksi kolagen dan elastin

Kedua senyawa tersebut diketahui mampu mempercepat menyembuhan luka sekaligus membantu mengurangi tanda penuaan dini. Lidah buaya dipercaya mampu meningkatkan produksi dari kedua senyawa tersebut, sehingga dapat menghilangkan bekas jerawat.

  • Mengurangi peradangan

Seperti telah disebutkan sebelumnya, risiko perdangan dapat diminimalisir dengan lidah buaya. Potensi munculnya jerawat pun jadi semakin rendah. Tanpa ada jerawat, maka kulit akan tetap bersih dan mulus tanpa bekas.

Untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai obat menghilangkan jerawat, caranya sangatlah mudah. Anda bisa langsung memotong lidah buaya, kemudain ambil gelnya. Olaskan gel tersebut pada bekas jerawat kemudian pijat dengan perlahan.

Biarkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas dan keringkan. Lakukan cara tersebut setidaknya dua sampai tiga kali dalam sehari untuk menghilangkan bekas jerawat lebih maksimal.

2. Menggunakan sari lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami selanjutnya yakni menggunakan sari lemon. Lemon selain diketahui bisa memutihkan kulit, juga dipercaya dapat mencerahkan luka, mengangkat sel kulit mati, meningkatkan proses pertumbuhan sel kulit yang baru, serta menambah elastisitas dari kulit.

Untuk mengatasi jerawat menggunakan sari lemon cukup mudah. Pertama,, peras lemon, kemudian ambil kapan dan celupkan pada air lemon tersebut. Lalu, tempelkan kapas pada bekas jerawat.

Biarkan sampai kurang lebih 10 menit kemudian bilas dengan air bersih. Ulangi satu sampai dua kali sehari agar bekas jerawat cepat hilang.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement