Pendaftaran CPNS 2021, Apa Saja Syaratnya?

Image title
23 Juni 2021, 15:09
Pendaftaran CPNS 2021, pendaftaran cpns 2021 dibuka kapan, CPNS dan PPPK, Badan Kepegawaian Negara, Formasi CPNS 2021
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Ilustrasi seleksi CPNS 2021.

Setelah lama ditunggu, seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021 mulai menemui titik terang. Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan rekrutmen calon aparatur sipil negara atau ASN akan dibuka akhir Juni 2021.

Rekrutmen yang dibuka meliputi seleksi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non-Guru. Pelaksanaan rekrutmen calon ASN diperkirakan akan berlangsung sebelum 30 Juni nanti. Namun, tanggal pendaftarannya belum diumumkan secara resmi.

Data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyebut, ASN 2021 yang dibutuhkan sebanyak 1,27 juta orang lebih. Di antaranya meliputi pemerintahan pusat maupun daerah.

Sedangkan jumlah penetapan kebutuhannya baru mencapai 707.622 orang. Angka ini termasuk pegawai pemerintah pusat sebanyak 74.625 orang dan pemerintah daerah 632.997orang. Untuk pemerintah daerah mencakup guru PPPK 531.076 orang, PPPK non-guru 20.960 orang, dan CPNS 80.961 orang.

Instansi Apa Saja yang Buka Seleksi?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menyebut, ada 56 kementerian dan lembaga yang membuka seleksi. Selain itu, 34 pemerintah provinsi, 504 pemerintah kabupaten dan kota, serta delapan sekolah kedinasan yang akan melakukan penetapan formasi.

Melansir Tirto.id, berberapa kementerian dipastikan membuka pendaftaran. Di antaranya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Formasi terbanyak CPNS di pemerintah provinsi, khususnya untuk tenaga kesehatan dan jabatan teknis. Antara lain, perawat, dokter, asisten apoteker, perekam medis, apoteker. Lalu, pranata komputer, polisi kehutanan, pengawas benih tanaman, pengelola keuangan dan pengelola pengadaan barang/jasa.

Pada tingkat kabupaten/kota lowongan pekerjaannya antara lain pranata laboratorium kesehatan, penyuluh pertanian, auditor, pengelola pengadaan barang/jasa, pengelola pengelola keuangan, dan verifikator keuangan.

SELEKSI CPNS DI LEBAK
Seleksi CPNS. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Seleksi CPNS 2021 Terbuka untuk Lulusan SMA?

Tjahjo juga menyebutkan, ada beberapa seleksi jabatan yang bisa diikuti oleh lulusan SMA, SMK, dan sederajat pada CPNS 2021. “Untuk (lulusan) SMA itu spesifik, misal untuk penjaga rumah tahanan atau rutan. Itu kan tidak perlu keahlian khusus,” katanya, Rabu (19/5).

Dalam kesempatan lainnya, Juru Bicara Kementerian PANRB, Andi Rahadian juga menyebutkan ada sekitar 20 formasi untuk lulusan SMA, SMK dan sederajat. Antara lain pekerja sosial, penyuluh kehutanan, polisi kehutanan, pengamat gunung api, pemadam kebakaran, dan penjaga rumah tahanan.

Apa Syarat Pendaftaran CPNS 2021?

Pada laman BKN tertulis, syarat utama daftar CPNS 2021 adalah warga negara Indonesia atau WNI yang berkeinginan dan memenuhi syarat tertentu, sesuai peraturan masing-masing instansi. Batas usia yang dipersyaratkan juga harus terpenuhi.

Berikutnya, ada syarat ketentuan umum pelamar untuk daftar Seleksi CPNS 2021, yaitu:

  1. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih.
  2. Tidak pernah diberhentikan baik atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS/Prajurit TNI/Kepolisian Negara RI.
  3. Tidak pernah diberhentikan sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI/Kepolisian Negara RI, dan tidak menjadi anggota/pengurus partai politik (parpol) atau terlibat politik praktis.
  5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  6. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

Selain ketentuan tersebut, terdapat sejumlah dokumen yang harus disiapkan, seperti KTP, ijazah pendidikan terakhir, dan lainnya.

Ada Tes Apa Saja Pada Seleksi CPNS 2021?

Mengacu pada pemilihan CPNS sebelumnya, ada dari beberapa tahap prosesnya. Mulai dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), hingga seleksi kompetensi bidang (SKB).

SKD terdiri dari tiga jenis tes, yaitu tes karakteristik pribadi (TKP), tes wawasan kebangsaan (TWK), dan tes intelegensi umum (TIU). Nantinya, setiap jenis tes akan memiliki nilai ambang batas yang berbeda-beda.

Pada SKB, terdapat beberapa jenis tes sesuai dengan jenis jabatan dan instansi yang dilamar. Misalnya, tes potensi akademik, tes praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik atau kesampataan, psikotestes kesehatan jiwa, hingga wawancara.

TES CPNS DKI JAKARTASeleksi CPNS. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Kapan Pengumuman Seleksi CPNS 2021?

Pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK dijadwalkan berlangsung pada Mei sampai Juni 2021. Sedangkan jadwal seleksinya pada Juli hingga Oktober 2021. Lalu, pengumuman kelulusannya pada November 2021.

Pengumuman seleksi akan dilakukan secara daring melalui portal resmi Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (sscasn.bkn.go.id). Disertai dengan proses pengunggahan dokumen yang dipersyaratkan secara elektronik.

Dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 28 Tahun 2021, pengumuman lowongan PPPK Guru dilakukan instansi daerah dan panitia penyelenggara seleksi

Penyumbang bahan: Alfida Febrianna (magang)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait