Daftar Lengkap Kota dan Kabupaten yang Akan Terkena PPKM Mikro Darurat

Sorta Tobing
30 Juni 2021, 20:02
ppkm mikro darurat, daftar kota/kabupaten terkena ppkm mikro darurat, luhut binsar pandjaitan, covid-19, virus corona, pandemi corona
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/foc.
Ilustrasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM mikro darurat.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM mikro darurat di Jawa dan Bali akan berlaku dari 3 sampai 20 Juli 2021. Langkah ini menargetkan penurunan penambahan kasus Covid-19 terkonfirmasi hariannya kurang dari 10 ribu per hari. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan memimpin pembatasan tersebut. Berdasarkan salinan hasil rapat Kemenko Marves, Rabu (30/6), yang diperoleh Katadata.co.id, cakupan pengetatannya seperti 100% bekerja di rumah atau WfH untuk sektor non-esensial, kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan ditutup, dan restoran hanya menerima delivery/take away.

PPKM mikro darurat akan mencakup 121 kabupaten atau kota. Pemerintah memilih lokasinya berdasarkan indikator laju penularan dan kapasitas respon, sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Untuk wilayah yang mendapat level tiga dan empat, akan terkena PPKM mikro darurat.

Level tiga adalah kasus terkonfirmasi mencapai 50 sampai 150 orang per 10 ribu penduduk per minggu. Perawatan di rumah sakit mencapai 10 sampai 30 orang per 10 ribu penduduk per minggu. Lalu, angka kematian dua sampai lima jiwa per 10 ribu penduduk per minggu.

Untuk level empat, kasus terkonfirmasinya melebih 150 orang per 10 ribu penduduk per minggu. Lalu, perawatan di rumah sakit mencapai lebih dari 30 orang per 10 ribu penduduk per minggu. Terakhir, angka kematian lebih dari lima jiwa per 10 ribu penduduk per minggu. 

Indikator kapasitas responnya adalah positivity rate melebihi 15%. Kontak erat kurang dari lima per kasus terkonfirmasi. Rata-rata keterisian ranjang rumah sakit atau BOR lebih dari 80%. 

45 Kota/Kabupaten Terkena PPKM Mikro Darurat 

Ada 45 kota atau kabupaten yang terkena PPKM mikro darurat karena mendapat skor empat. Daftarnya adalah sebagai berikut:

Banten

  1. Kota Tangerang Selatan
  2. Kota Tangerang

Jawa Barat

  1. Purwakarta
  2. Kota Tasikmalaya
  3. Kota Sukabumi
  4. Kota Depok
  5. Kota Cirebon
  6. Kota Cimahi
  7. Kota Bogor
  8. Kota Bekasi
  9. Kota Banjar
  10. Kota Bandung
  11. Karawang
  12. Bekasi

DKI Jakarta

  1. Jakarta Barat
  2. Jakarta Timur
  3. Jakarta Selatan
  4. Jakarta Utara
  5. Jakarta Pusat

Jawa Tengah

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...