Formasi CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA, S1, D3, dan D4

Siti Nur Aeni
5 Juli 2021, 17:58
formasi cpns 2021, formasi cpns 2021 untuk lulusan sma, formasi cpns 2021 untuk lulusan s1, formasi cpns 2021 untuk lulusan d3, formasi cpns 2021 untuk lulusan d4, cpns 2021
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Sejumlah peserta bersiap mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil di Serang, Banten, Kamis (1/10/2020). Seleksi SKB CPNS formasi tahun 2019 tersebut diikuti 473 orang dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Seleksi calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2021 telah pemerintah buka. Salah satu hal yang paling sering ditanyakana dalah formasi CPNS 2021. Formasi ini merupakan posisi atau lowongan yang sedang dibuka atau dibutuhkan suatu instansi baik di tingkat kementerian, pemerintah provinsi, maupun pemerintah daerah kabupaten atau kota.

Setiap posisi yang lowong tergantung kebutuhan dari masing-masing instansi. Sebelum melakukan pendaftaran, cermati terlebih dahulu Formasi CPNS yang sedang dibuka.

Formasi CPNS 2021 Untuk Lulusan SMA

Syarat pendaftaran untuk mengikuti seleksi CPNS adalah minimal memiliki pendidikan setingkat sekolah menengah atas atau SMA.  Berikut formasi CPNS 2021 untuk lulusan tersebut.

1. Kemenkumham Republik Indonesia

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia atau Kemenkumham RI membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA sebanyak 3.876 formasi. Posisinya akan berada di 32 kantor wilayah. Termasuk di dalamnya, lowongan pekerjaan sebagai sipir atau penjaga tahanan dan formasi untuk bagian pemeriksa keimigrasian. Untuk menjadi CPNS di kementerian ini, Anda harus memiliki pengetahuan yang luas, integritas, dan fisik yang prima.

2. Kejaksaan Republik Indonesia

Selain Kemenkumham RI ada juga instansi lain yang membuka formasi untuk lulusan SMA dan sederajat, yaitu Kejaksaan RI. Jumlah formasi yang dibuka untuk lulusan SMA di instansi ini sebanyak 494 sebagai pengawal tahanan/narapidana dan 496 untuk pengadministrasian penanganan perkara.

3. Badan SAR Nasional

Basarnas atau Badan SAR Nasional juga turut mengeluarkan formasi untuk lulusan SMA atau sederajat. Terdapat 189 formasi untuk posisi rescuer pemula. Apabila berminat  mendaftarkan diri, Anda dapat menambahkan sertifikat keahlian tertentu, seperti sertifikat renang, selam, dan lulus pelatihan SAR. Meskipun sertifikat tersebut tidaklah wajib, tapi dapat menjadi nilai tambah.

4. Kemendikbudristek

Formasi CPNS 2021 untuk lulusan SMA berikutnya ada di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbudristek. Beberapa posisi yang dibutuhkan adalah teknisi pemetaan dan penggambaran untuk yang lulusan SKM Teknologi dan Rekayasan, teknisi laboratorium untuk lulusan SMK Teknik Kimia atau SMA, dan posisi pengadministrasi keuangan untuk lulusan SMA sederajat, SMK Akuntansi, atau SMK Administrasi Perkantoran.

5. Kementerian Pertanian

Kementan juga membuka formasi untuk lulusan SMK Peternakan dan Pertanian yang ingin menjadi pegawai negeri sipil atau PNS di instansi tersebut. Terdapat tiga formasi yang dibuka, yaitu pemula – paramedik karantina hewan, pemula – paramedik veterenier, dan pemula – pengawas mutu pakan.

Untuk lulusan SMK Pertanian formasinya adalah pemula – pengendalian organisme pengganggu tumbuhan dan pemula – pengendalian benih tanaman.

6. Badan Keamanan Laut

Formasi CPNS 2021 untuk lulusan SMA di instansi ini terbagi menjadi beberapa bagian dengan jumlah yang dibutuhkan juga berbeda-beda. Berikut ini rincian lengkapnya:

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...