RI Jadi Tuan Rumah Pertemuan, Berikut Daftar Para Pemimpin Negara G20

Sorta Tobing
20 Desember 2021, 14:45
G20, KTT G20, KTT G20 Bali, negara G20, anggota G20, pemimpin G20, G20 Bali Summit
G20.org
Ilustrasi bendera negara anggota G20.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty alias G20 akan terlenggara di Bali, Indonesia, pada akhir Oktober 2022. Berbagai persiapan sedang pemerintah lakukan. 

Rangkaian acaranyanya pun mulai terselenggara saat ini. Ratusan pertemuan akan terselenggara. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis perhelatan ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian domestik, khususnya invetasi. 

“Hal ini akan mendorong kepercayaan dari investor global untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional,” kata Airlangga dalam keterangan resminya, Senin (20/12).

Penyelenggaraan presidensi G20 berpeluang meningkatkan konsumsi domestik dalam negeri hingga Rp 1,7 triliun. Selain itu, gelaran ini akan menyumbang tambahan Rp 7,47 triliun ke produk domestik bruto (PDB).

Jumlah serapan tenaga kerjanya mencapai 33 ribu orang. Pertemuan pemimpin negara-negara G20 akan menjadi platform kerja sama ekonomi dengan tiga sekotr utama, yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi melalui digitalisasi, dan transisi menuju energi yang berkelanjutan.

Sebagai informasi, G20 merupakan forum multilateral yang terdiri atas 20 negara. Kelompok ini mewakili lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...