RI Jadi Tuan Rumah Pertemuan, Berikut Daftar Para Pemimpin Negara G20

Image title
20 Desember 2021, 14:45
G20, KTT G20, KTT G20 Bali, negara G20, anggota G20, pemimpin G20, G20 Bali Summit
G20.org
Ilustrasi bendera negara anggota G20.

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty alias G20 akan terlenggara di Bali, Indonesia, pada akhir Oktober 2022. Berbagai persiapan sedang pemerintah lakukan. 

Rangkaian acaranyanya pun mulai terselenggara saat ini. Ratusan pertemuan akan terselenggara. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimistis perhelatan ini dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian domestik, khususnya invetasi. 

“Hal ini akan mendorong kepercayaan dari investor global untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional,” kata Airlangga dalam keterangan resminya, Senin (20/12).

Penyelenggaraan presidensi G20 berpeluang meningkatkan konsumsi domestik dalam negeri hingga Rp 1,7 triliun. Selain itu, gelaran ini akan menyumbang tambahan Rp 7,47 triliun ke produk domestik bruto (PDB).

Jumlah serapan tenaga kerjanya mencapai 33 ribu orang. Pertemuan pemimpin negara-negara G20 akan menjadi platform kerja sama ekonomi dengan tiga sekotr utama, yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi melalui digitalisasi, dan transisi menuju energi yang berkelanjutan.

Sebagai informasi, G20 merupakan forum multilateral yang terdiri atas 20 negara. Kelompok ini mewakili lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. 

Sejarah forum tersebut berawal dari kekecewaan komunitas internasional terhadap kelompok G7 yang gagal mencari solusi kirisi keuangan 1998-1999. Negara G7 terdiri dari Kanada, Inggris, Jerman, Jepang, Prancis, Italia, dan Amerika Serikat. 

Lalu, KTT G20 pertama kali terlaksana di Washington, AS pada 2008. Presiden George W Bush ketika itu mengundang para pemimpin negara kelompok ini untuk merespon dampak krisis keuangan yang terjadi di negaranya. 

Para Pemimpin G20

Hingga kini KTT G20 dilakukan rutin setiap tahun. Tidak hanya fokus pada isu keuangan dan perdagangan. Forum ini juga membahas pada sektor non-keuangan.

Melansir situs Tim Sherpa G20 Indonesia, berikut daftar para pemimpin negara G20:

  1. Afrika Selatan - Presiden Cyril Ramaphosa
  2. Amerika Serikat - Presiden Joe Biden
  3. Arab Saudi - Raja Salman bin Abdul Aziz
  4. Argentina - Presiden Alberto Fernandez
  5. Australia - Perdana Menteri Scott Morrison
  6. Brasil - Presiden Jair Bolsonaro
  7. Cina - Presiden Xi Jinping
  8. India - Perdana Menteri Narendra Modi
  9. Indonesia - Presiden Joko Widodo
  10. Inggris - Perdana Menteri Borris Johnson
  11. Italia - Perdana Menteri Mario Draghi
  12. Jepang - Perdana Menteri Fumio Kishida
  13. Jerman - Kanselir Angela Merkel
  14. Kanada - Perdana Menteri Justin Trudeau
  15. Korea Selatan - Presiden Moon Jae In
  16. Meksiko - Presiden Lopez Obrador
  17. Prancis - Presiden Emmanuel Macron
  18. Rusia - Presiden Vladimir Putin
  19. Turki - Presiden Recep T Erdogan
  20. Uni Eropa - Presiden Dewan Charles Michel
  21. Uni Eropa - Presiden Komisi Ursula von der Leyen

 

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 November 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait