Mengenal Sherpa Track dan Financial Track, Dua Jalur Pembahasan G20

Amelia Yesidora
22 Desember 2021, 18:06
G20, KTT G20, G20 Bali Summit
Katadata/Ameidyo Daud Nasution
Ilustrasi. Pertemuan G20 di Nusa Dua, Bali.

Rangkaian pertemuan G20 mulai berlangsung pada awal bulan ini. Indonesia menjadi tuan rumah atau presidensi perhelatan forum multilateral 19 negara plus Uni Eropa tersebut. 

Terdapat lebih dari 150 pertemuan tingkat pimpinan, menteri, deputi, hingga working group sebelum mencapai puncak acara, yaitu Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali, pada akhir Oktober 2022. 

Para delegasi akan membicarakan berbagai isu bersama. Kehadirannya mewakili negara dari Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asia, dan Australia. 

Indonesia membagi pembahasannya dalam dua jalur pertemuan, yaitu Jalur Sherpa (Sherpa Track) dan Jalur Keuangan (Financial Track). 

Apa Itu Jalur Sherpa G20?

Pertemuan Pertama Tingkat Sherpa G20 sudah berlangsung di Jakarta pada 7 sampai Desember 2021. Peserta yang hadir berjumlah 38 delegasi, terdiri dari 23 delegasi hadir secara langsung dan sisanya virtual.

Para delegasi adalah 19 anggota G20, 9 negara undangan, dan 10 organisasi internasional. Jalur pembicaraan ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Keuangan Airlangga Hartarto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. 

Dilansir dari laman Sekretaris Kabinet, Jalur Sherpa membahas isu-isu ekonomi non-keuangan. Termasuk dalam sektor ini adalah energi, pembangunan, pariwisata, ekonomi digital, pendidikan, tenaga kerja, pertanian, perdagangan, investasi, industri, kesehatan, anti korupsi, lingkungan, hingga perubahan iklim. 

Retno mengatakan, ada tiga prioritas Indonesia pada presidensi G20 kali ini, yaitu arsitektur kesehatan dunia yang lebih kuat, transisi energi, dan transformasi digital.

Semua isu tersebut akan dibahas dalam tiga jenis pertemuan, yaitu pertemuan tingkat kementerian, working group, dan engagement group

Infografik_Perbandingan pdb per kapita anggota G20
Infografik_Perbandingan pdb per kapita anggota G20 (Katadata)

Apa Itu Jalur Keuangan G20?

Pertemuan Jalur Keuangan berlangsung usai Pertemuan Pertama Sherpa Track. Pelaksanaannya pada 9 sampai 10 Desember 2021 di Nusa Dua, Bali. Pembahasan jalur ini dipimpin oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Jalur Keuangan dibuka dengan Pertemuan Pertama Tingkat Deputi Keuangan dan Bank Sentral (Finance and Central Bank Deputies/FCBD) dan dihadiri oleh 68 delegasi dari 20 negara dan 15 orang perwakilan dari lembaga internasional. 

Nantinya, FCBD akan digelar selama tiga kali dalam setahun masa presidensi. Pertemuan selanjutnya adalah pada Februari dan Juli 2022.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...