Bertani dan Berinovasi Melawan Pandemi

Muchamad Nafi
29 Maret 2023, 14:00
pandemi, Covid-19, katadata25, Ajik Krisna
Katadata/Ilustrasi: Lambok Hutabarat
Ilustrasi Ajik Krisna

Badai pandemi corona meluluh-lantakkan industri pariwisata Bali. Saat pengetatan besar pergerakan masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19, Pulau Dewata itu mati suri dari pelancong pada kuartal kedua 2020 hingga sepanjang 2021. Padahal pariwisata merupakan denyut ekonomi kehidupan Bali.

Di masa getir itu, pusat-pusat perbelanjaan tak beroperasi, tempat wisata ditutup. Beberapa kali Katadata.co.id ke sana pada periode itu tak terlihat wisatawan berlalu-lalang di pertokoan di jalur-jalur utama wisata dari Kuta, Nusa Dua, Seminyak, Sanur, hingga Ubud. Krisna, pusat oleh-oleh Bali yang terkenal itu pun tak kalis dari situasi ini.

Si empunya Krisna, Gusti Ngurah Anom, lebih tenar dipanggil Ajik Krisna, menutup enam gerainya di Bali pada Maret 2020 setelah pemerintah mengumumkan Covid-19 masuk Tanah Air. Tak ayal, sebulan kemudian dengan terpaksa dia mulai merumahkan karyawannya. Hingga Mei tahun itu, dua ribu orang tak lagi diminta bekerja dari total 2.500 pegawainya.

Krisna Bali
Krisna Bali.

Ajik memutar otak dalam impitan ini. Pria asal Buleleng itu mengambil langkah darurat. Sebagai crazy rich Bali, dia menjual mobil mewahnya untuk membantu karyawan yang dirumahkan. Ia datangi langsung tempat tinggal sekitar seratusan orang yang sudah berkeluarga untuk berbagi sembako.

Melihat pandemi bakal berkepanjangan, Ajik yang sudah malang-melintang menggeluti sejumlah bisnis itu melirik usaha lain, bertani. Lelaki kelahiran 5 Maret 1971 ini bercocok tanam kacang di lahannya yang seluas 23 hektare di Bali Utara. Selain untuk memberi peluang baru bagi karyawannya, bertani dapat mengurangi stres lantaran mobilitas dibatasi.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing

Dalam rangka mengapresiasi para tokoh yang berkontribusi besar dalam penanganan pandemi Covid-19, Katadata menyajikan edisi khusus Katadata25. Sebanyak 25 tokoh atau lembaga kami sajikan dalam beragam konten informatif. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...