Kontribusi Dunia Usaha Menangangi Pandemi

Rezza Aji Pratama
29 Maret 2023, 12:28
pandemi, Covid-19, Adaro, katadata25
Katadata/Ilustrasi: Lambok Hutabarat
Ilustrasi Adaro

Tiga pekan setelah kasus pertama Covid-19 muncul di Indonesia, Presiden Direktur PT Adaro Energy Garibaldi Thohir bertemu Doni Monardo. Saat itu, Doni yang menjadi Kepala Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) mendapatkan peran tambahan sebagai Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Pertemuan Adaro dan BNPB itu menandai keterlibatan sektor usaha dalam penanganan pandemi. Boy Thohir, demikian bos Adaro itu biasa disapa, yang ditemani Michael William Soeryadjaya bertemu Doni pada Senin, 22 Maret 2020 untuk memberikan donasi.

Tidak tanggung-tanggung, Adaro menggelontorkan Rp 20 miliar untuk membantu penanganan pandemi. “Adaro berjuang untuk Indonesia dan siap menggunakan sumber daya yang kami miliki untuk bersinergi dengan pemerintah dalam penanganan virus corona,” ujar Boy Thohir saat itu.

Bagi Doni Monardo, bantuan ini menjadi sisi penting dari ‘pentaheliks’. Ini merupakan konsep pelibatan lima komponen yang terdiri dari pemerintah, dunia usaha, komunitas, akademisi, dan media massa dalam menanggulangi bencana.

Sekitar Rp 15 miliar bantuan dari Adaro ini akan dipakai untuk membiayai tenaga medis yang menjadi garda terdepan penanganan pandemi. Sedangkan sisanya sebanyak Rp 5 miliar dipakai untuk penyediaan mobil khusus.

Halaman:

Dalam rangka mengapresiasi para tokoh yang berkontribusi besar dalam penanganan pandemi Covid-19, Katadata menyajikan edisi khusus Katadata25. Sebanyak 25 tokoh atau lembaga kami sajikan dalam beragam konten informatif. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...