Roatex Uji Coba MLFF di Jalan Tol Bali Mandara Khusus Kendaraan Ini

Image title
Oleh Antara
5 Desember 2023, 16:09
Jalan Tol Bali Mandara
Humas Jasa Marga
Jalan Tol Bali Mandara

PT Roatex Indonesia Toll System atau RITS akan melakukan uji coba pembayaran tol tanpa berhenti atau multi lane free flow  (MLFF) pada minggu kedua Desember 2023. Untuk tahap awal, pengujian akan berlangsung terbatas di Jalan Tol Bali Mandara.

"Kami mengundang para pengguna yang berasal dari kementerian, kepolisian, dan perusahaan taksi di Bali," kata Direktur Roatex Indonesia Toll System Gyula Orosz di Jakarta, Selasa (5/12). 

Pengujian secara internal sudah dilakukan perusahaan dan berjalan dengan baik. Setelah uji coba, pemerintah akan melakukan evaluasi MLFF.

Targetnya, pada Maret 2024 implementasi pembayaran tol nirsentuh tersebut memasuki masa transisi. "Pada akhirnya teknologi MLFF ini dapat diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia," ucap Orosz. 

Sebagai informasi, MLFF merupakan hasil kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Hungaria. Tujuannya, untuk meningkatkan sistem pembayaran tol Indonesia.

Proyek ini diinisiasi pada saat kunjungan Perdana Menteri Hungaria Victor Orban ke Indonesia pada 2016. Pemerintah negara tersebut berinvestasi 100% senilai Rp4,5 triliun dalam bentuk kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Sistem MLFF ini menggunakan teknologi global navigation satellite system (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi Cantas di telepon seluluer.

Selanjutnya, GPS akan menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching berjalan di sistem pusar. Saat kendaraan keluar tol dan proses map-matching berakhir, sistem akan melakukan kalkulasi tarif.

Sistem ini membuat pengendara tidak lagi perlu berhenti dan kendaraan dapat terus berjalan seperti biasa. Dengan begitu, tidak ada lagi antrian pada gerbang tol dan mempersingkat waktu tempuh dan efisien.

Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...