Daftar 8 Pekerjaan Freelance Online dengan Upah Menjanjikan

Beberapa orang melihat pandemi sebagai peluang untuk mencari penghasilan tambahan. Terutama bagi mereka yang memiliki keahlian khusus. Berikut 8 pekerjaan freelance online berupah menjanjikan.
Image title
1 September 2021, 16:33
Joki game jadi salah satu pekerjaan freelance online potensial.
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Joki game jadi salah satu pekerjaan freelance online potensial.

Pandemi Covid-19 telah menekan perekonomian masyarakat. Banyak dari mereka terkena pemotongan gaji sampai pemutusan hubungan kerja (PHK). Mobilitas masyarakat pun dibatasi. Beberapa pekerjaan terpaksa dilakukan secara daring atau online dari rumah.

Dari keterbatasan itu sebenarnya ada kesempatan. Tak sedikit orang yang menjadikannya peluang untuk mencari penghasilan tambahan, khususnya bagi mereka yang punya keahlian-keahlian khusus. Sebagian dari  mereka mulai menjajal pekerjaan lepas atau freelance secara daring.

Waktu kerja yang fleksibel dan upah yang menjanjikan membuat profesi tersebut semakin diminati. Tingginya permintaan dan kebutuhan perusahaan untuk menyelesaikan suatu proyek di tangan orang-orang yang ahli juga jadi salah faktor profesi freelancer kian menjamur.

Pilihan Pekerjaan Freelance Online

Berikut sejumlah pekerjaan freelance online potensial di masa pandemi:

Advertisement

1. Penulis

Kemampuan menulis yang baik banyak dicari perusahaan. Tak sedikit media online membutuhkan penulis lepas atau kontributor untuk menulis artikel di situsnya. Beberapa pekerjaan menulis juga datang dalam bentuk proyek yang dapat ditemukan di sejumlah situs.

Bayaran penulis freelance biasanya ditentukan dari jumlah kata atau artikel yang dikirimkan ke perusahaan pencari jasa penulis. Agar perusahaan melirik dan mempercayakan proyeknya, Anda perlu memperkaya portofolio kepenulisan.

Sebaiknya tidak terlalu pilih-pilih proyek di awal merintis profesi sebagai penulis freelance. Dengan fasilitas teknologi saat ini, seorang penulis dipermudah dalam pekerjaannya sehingga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Banyak ragam penulis yang dibutuhkan oleh perusahaan, mulai dari penulis artikel harian, technical writer, penulis cerita pendek, blog, hingga skenario.  Tentukan bidang kepenulisan Anda sesuai dengan keahlian dan minat yang dimiliki.

2. Desainer Grafis

Tidak semua orang berbakat mendesain grafis. Karena itu, banyak perusahaan mencari desainer-desainer yang punya cita rasa seni yang unik dan penuh kreativitas untuk membereskan suatu proyek desain. Jasa desain ini biasanya dibutuhkan untuk membuat logo, hingga menggubah konten promosi.

Profesi desain grafis termasuk salah satu profesi yang dibutuhkan di segala bidang usaha. Beberapa bidang usaha yang membutuhkanya, antara lain event organizer, kafe, restoran, hingga perusahaan-perusahaan rintisan.

Hasil kerjanya pun tak hanya digunakan untuk media cetak, tapi juga digital. Menjadi seorang desainer grafis memang butuh keahlian yang mumpuni, tak jarang para desainer grafis memiliki latar belakang desain komunikasi visual. Namun, ada juga yang mempelajarinya secara otodidak.

Ada beberapa software yang umum digunakan para desainer grafis, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw. Beberapa toko buku hingga platform belajar online juga sudah banyak yang memberi panduan mengenai penggunaan aplikasi desain tersebut.

3. Penerjemah

Jika mahir dalam satu atau lebih bahasa asing, maka Anda memiliki keahlian lebih. Pekerjaan translator atau penerjemah sangat dibutuhkan untuk kelangsungan operasioanl perusahaan. Terutama saat perusahaan tengah melangsungkan rapat atau presentasi dengan klien luar negeri. Selain itu, pekerjaan ini juga sering menyelesaikan proyek-proyek penerjemahan buku maupun artikel.

Tak hanya itu, seorang yang punya kemampuan bahasa asing juga biasanya disewa untuk melakukan pekerjaan proofreading yang biasa dicari oleh penerbit-penerbit buku. Tak perlu menjadi seorang polyglot dengan kemampuan menguasai banyak bahasa, satu bahasa asing pun cukup. Beberapa bahasa yang sering dibutuhkan perusahaan, yaitu Inggris, Jepang, Korea, Mandarin, Jerman, hingga bahasa Arab.

Selain menawarkan jasa melalui media sosial, Anda juga bisa mencari lowongan freelance penerjemah di beberapa situs terpercaya, seperti Sribulancer, Glints, Translatorcafe, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk mencantumkan sertifikat-sertifikat yang pernah Anda raih. Hal ini penting sebagai nilai tambah perusahaan dalam menentukan freelance yang cocok bagi mereka.

4. Web Software Engineer

Kalau Anda lulusan pendidikan teknik informatika, ada peluang untuk terjun di pekerjaan web software engineer. Pekerjaan ini cocok bagi mereka yang memiliki keahlian dalam desain aplikasi perangkat lunak alias software komputer. 

Dalam pekerjaan ini, seorang penyedia jasa dituntut untuk menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer, teknik informatika, analisis matematika, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi perangkat lunak komputer atau sistem.

Biasanya, seorang software engineer diminta untuk menyelesaikan beberapa proyek software, seperti sistem operasi dan network distribution, atau perangkat lunak. Pekerjaan ini rumit dan butuh keahlian yang mumpuni membuat para freelancer yang bergerak di bidang ini diganjar upah yang tergolong tinggi.

5. Financial Planner

Seorang solopreneur ataupun perusahaan yang tidak paham cara mengatur dan mengelola keuangan mereka cenderung lebih mudah mengalami kebangkrutan. Pengelolaan uang menjadi kunci penting suatu bisnis dapat tetap berdiri. Di sinilah peran seorang perencana keuangan atau financial planner bersertifikat dibutuhkan.

Kemampuan finansial dan ekonomi, serta membangun hubungan personal dengan klien merupakan hal penting dalam pekerjaan ini. Dengan begitu, klien dapat mempercayakan keuangan mereka untuk dikelola dengan bantuan jasa freelance financial planner.

6. Data Entry

Meskipun terkesan mudah, namun pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan kecermatan dalam memasukkan data. Apabila melakukan kesalahan, penyewa jasa bakal meminta ganti rugi. Jasa Anda pun bakal sulit menadapat kepercayaan dari klien lainnya.

Kendati tidak memerlukan keahlian spesifik, seorang freelance data entry dibayar dengan upah yang cukup menjanjikan. Ada beragam jenis pekerjaan ini, mulai dari mengetik, melakukan transkrip, merekam suara, dan lainnya.

7. Joki Gim

Main gim atau game tidak semata-mata menjadi kegiatan untuk mengisi waktu luang, tapi juga bisa jadi sumber penghasilan dan punya karier yang menjanjikan. Salah satunya adalah dengan menjadi joki game. Modal utamanya adalah telepon pintar, komputer, atau laptop, plus internet dan  kemampuan bermain gim.

Jasa joki atau boosting sudah awam di kalangan para gamers. Sebab, beberapa orang ingin bermain mencapai rangking tinggi, tapi terkendala kemampuan yang mereka miliki. Dari sini, seorang joki masuk untuk menawarkan keahlian bermain game mereka dengan bayaran yang sudah ditentukan.

8. Fotografer

Fotografi termasuk salah satu bidang yang diperlukan, baik untuk dokumentasi hingga pembuatan media pemasaran. Terlebih di zaman digital seperti ini, kebutuhan konten visual yang memanjakan mata begitu diperlukan.

Sebagian besar industri ini memang digeluti oleh para profesional, tapi tidak ada salahnya bagi pemula untuk memulainya dari nol. Banyak panduan belajar fotografi dan videografi yang bisa Anda temukan, baik dari buku maupun kursus online.

 

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait