Rumah Susun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2 Menjadi Tempat Wisata Dadakan Show
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Muhammad Zaenuddin
9 Agustus 2022, 10:40

Foto: Wisata Dadakan di Rusun Lokasi Film Pengabdi Setan 2

Animo masyarakat mengunjungi rumah susun (rusun) latar film Pengabdi Setan 2: Communion kian meningkat. Proyek rumah susun sederhana milik (rusunami) yang terbengkalai itu kini menjadi wisata dadakan bagi masyarakat.

Rusun yang terletak di belakang Pasar Sumber Arta, Bintara Jaya, Bekasi Barat, Jawa Barat tersebut merupakan program 1.000 tower di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebelummnya. 

"Rusunami ini diperuntukkan untuk program  1.000 tower, waktu zamannya Menpera (menteri perumahan rakyat) dari PKS kalau enggak salah," kata Koordinator Pasar Sumber Arta, Slamet, saat ditemui di rusunami, Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin (8/8).

Melansir Kompas.com, SBY meresmikan pembangunan 10 rusunami di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur, pada 29 Maret 2009. Inilah awal program 1.000 tower. Ketika itu, jabatan menteri perumahan rakyat dipegang oleh Muhammad Yusuf Asy'ari dari Partai Keadlian Sejahtera. 

Sejak 2007 Slamet bertugas menjadi koordinator. "Mulai dibangun 2007 dan pembangunannya berhenti sejak lama," ucap Slamet. Ia tidak mengetahui alasan proyek tersebut terbengkalai. "Itu urusan atas," katanya sambil tertawa.

Film horor Pengabdi Setan 2: Communion yang disutradarai Joko Anwar mengambil latar di rusun itu. Bangunan setinggi 15 lantai ini ramai kedatangan pengunjung sejak rilis perdananya di bioskop pada Kamis lalu (4/8).

Di rusun terlihat banyak vloger mengambil gambar untuk kebutuhan konten. Pengunjung  dilarang untuk naik ke atas dengan alasan keamanan. Jika ingin melakukannya, maka petugas akan mendampingi.

Rini (26), salah satu pengunjung,  penasaran dengan lokasi film tersebut. "Karena sudah ramai di TikTok, jadi pengen masuk, lihat-lihat."

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.