Image title
Oleh Ardhi Rosyadi
29 Juni 2022, 08:15

Video: Mewabah, Ini Cara Cegah Penyebaran PMK Hewan Ternak

Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) melanda di sejumlah daerah Jawa Timur. Tidak hanya sapi, penyakit yang disebabkan oleh virus ini juga rentan menulari hewan ternak lain seperti kerbau, unta, gajah, rusa, kambing, domba dan babi. 

Penyebaran PMK telah mencapai 19 provinsi dan 199 kabupaten atau kota. Virusnya dapat menular melalui udara atau airborne hingga radius 10 kilometer. Penyakit ini juga membahayakan manusia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta berbagai regulasi terkait wabah PMK dapat segera selesai dan diimplementasikan. Tujuannya agar dapat mencegah penularan lebih luas. 

Selain itu, penanganan infeksinya perlu segera dilakukan agar tetap menjaga kualitas hewan ternak Indonesia. Berikut cara mencegah penyakit mulut dan kuku hewan ternak.



Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.