Sorta Tobing
12 September 2022, 11:02

Video: Gantikan Ibunya Ratu Elizabeth II, Apa Tugas Raja Charles III?

Raja Charles III telah menggantikan ibunya, Ratu Elizabeth II, yang wafat pada Kamis (8/9) di usia 96 tahun. Pengumuman Charles menjadi Raja telah dilakukan pada Sabtu lalu. Upacara penobatannya akan berlangsung pada tahun depan.

Charles menginginkan upacara penobatan yang lebih sederhana, dibandingkan ketika ibunya menjadi ratu pada tujuh dekade lalu. Hal ini mencerminkan visinya untuk membuat monarki yang lebih kecil dan modern. 

Raja kini menjadi kepala negara Kerajaan Inggris. Namun, melansir BBC, kekuasaannya bersifat simbolis, seremonial, dan tetap netral secara politik.

Setiap hari, raja akan menerima pengarahan harian dari pemerintahan dalam kotak kulit berwarna merah. Di dalamnya juga berisi dokumen yang memerlukan tanda tangannya.

Perdana menteri biasanya bertemu raja pada hari Rabu di Istana Buckingham, London. Keduanya akan berbicara seputar masalah di pemerintahan. Pertemuan ini sepenuhnya tertutup dan tidak ada catatan resmi pembicaraan antara raja dan perdana menteri.

Lalu, adakah fungsi raja Inggris lainnya? Simak dalam video berikut ini. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.