Indonesia Jadi Juru Selamat Saat Singapura Dilanda Krisis Ayam

Patricia Yashinta Desy Abigail
11 Oktober 2022, 17:54
Indonesia Jadi Juru Selamat Saat Singapura Dilanda Krisis Ayam
Dok. Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir menyebut Indonesia menjadi penyelamat saat Singapura dilanda krisis pasokan ayam.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyampaikan bahwa Indonesia menjadi salah satu lumbung pangan regional. Hal tersebut dikatakan Erick saat Singapura dilanda krisis pasokan ayam potong, Indonesia menjadi juru selamat dengan mengekspor ayam ke Negeri Singa. 

"Kemarin Singapura kekurangan ayam, Indonesia yang menyelamatkan ketika Malaysia tidak mau memberikan reserve dari kebutuhan ayam," kata Erick Thohir dalam acara BNI Investor Daily Summit 2022 di Jakarta pada Selasa (11/10).

Dia mengatakan, Indonesia juga merupakan negara yang mempunyai kekayaan agrikultur serta sumber daya laut. Selain itu, Erick mengatakan jika dilihat dari data-data, adanya dugaan bahwa jenis perikanan dan budidaya laut Vietnam dan Filipina bersumber dari Indonesia. Hal tersebut membuktikan kurangnya keseriusan untuk menggarap sumber daya agrikultur dan kelautan. 

"Indonesia adalah negara yang punya kekayaan agrikultur, kelautan yang hari ini kalau kita bicara, di industri kelautan itu baru 5% saja," beber Erick. 

Adapun, Badan Pangan Singapura (Singapore Food Agency/SFA) mengumumkan bahwa Indonesia telah resmi disetujui sebagai pemasok baru daging ayam beku, dingin, dan olahan untuk negeri tersebut. Hal itu bertujuan untuk diversifikasi sumber makanan baru sehingga mendukung ketahanan pangan Singapura.

“Untuk tujuan ini, dengan bangga kami umumkan bahwa Indonesia telah disetujui sebagai sumber baru untuk mengekspor daging ayam dan produk daging ayam olahan beku, dingin, dan panas ke Singapura!” tulis pengumuman tersebut yang disampaikan melalui akun Facebook.

Indonesia akan bergabung dengan negara lainnya yang lebih dulu melakukan ekspor ayam ke Singapura seperti Brasil, Thailand, dan Australia. “Akreditasi tepat waktu ini dimungkinkan melalui upaya besar dan kerjasama erat oleh SFA, Animal & Veterinary Service (cluster NParks), dan pihak berwenang Indonesia,” tulis akun tersebut.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...