Mendag Tegaskan Harga Bahan Pokok Stabil Jelang Libur Nataru

Nadya Zahira
9 Desember 2022, 08:46
Mendag Tegaskan Harga Bahan Pokok Stabil Jelang Libur Nataru
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/tom.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (ketiga kiri) berbincang dengan pedagang saat melakukan kunjungan di Pasar Rasamala, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (2/12/2022). Kunjungan tersebut untuk memantau ketersediaan bahan pokok dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru.

Kementerian Perdagangan menyampaikan harga dan stok bapok saat ini dalam kondisi aman dari yang sebelumnya sempat meangkak naik. Pemerintah tengah berupaya menjaga stok, khususnya untuk persiapan menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru. 

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas saat meninjau ritel modern Hypermart dan Superindo bersama Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi di Jakarta Barat, Jakarta pada Kamis (8/12). 

"Secara keseluruhan, stok tersedia dan harganya stabil. Oleh karena itu, sekali lagi stok tersedia, harganya stabil. Segala hal kita lakukan agar stok bapok aman," ujar Zulhas yang dikutip dalam keterangan resmi, pada Jumat (9/12).

Zulhas mengatakan, untuk harga beras di ritel modern masih stabil, bahkan terdapat beras dengan harga di bawah harga eceran tertinggi atau HET. Sementara harga beras Bulog tetap, tidak ada perubahan.

"Bahkan, tadi di sini ada beras dengan harga di bawah HET yang diproduksi Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta," ujarnya. 

Zulhas menyebut, inflasi pada November 2022 tercatat sebesar 5,42%, turun dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 5,71%. Artinya terdapat harga barang kebutuhan yang mengalami penurunan di pasar, termasuk ayam. Namun, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, misalnya telur ayam. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...