Pemerintah Impor 200 Ribu Ton Daging, Amankan Pasokan Jelang Ramadan

Nadya Zahira
20 Februari 2023, 21:02
Badan Pangan Nasional Pastikan Stok Daging Aman Jelang Ramadan
Unsplash
Ilustrasi daging sapi

Pemerintah memastikan ketersediaan dan stabilisasi harga daging sapi dan kerbau menjelang Ramadan dan Idul Fitri. Langkah yang dilakukan, selain mengoptimalkan stok daging dalam negeri juga mendorong percepatan penugasan pengadaan daging oleh BUMN Pangan.

Kepala Badan Pangan Nasional atau Bapanas Arief Prasetyo Adi, mengatakan, optimalisasi stok daging dalam negeri tetap menjadi prioritas untuk memenuhi lonjakan permintaan daging jelang puasa dan lebaran tahun ini. 

Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan opsi pengadaan dari luar, mengingat berdasarkan Prognosa Neraca Pangan yang disusun Bapanas, stok awal daging nasional di Januari 2023 sebesar 56 ribu ton, sementara rata-rata kebutuhan daging nasional per bulan sebesar 67 ribu ton.

“Dari penghitungan neraca tersebut tentunya stok daging untuk memenuhi kebutuhan puasa dan lebaran harus di top up agar dapat memenuhi lonjakan permintaan dan kebutuhan setelahnya,” ujar Arief melalui keterangan resmi, yang dikutip Senin (20/2).

Arief menuturkan, pihaknya juga telah menyampaikan permintaan agar Menteri BUMN menugaskan ID FOOD untuk melakukan pengadaan daging sapi. "Kita juga sudah minta Bulog untuk pengadaan daging kerbau,” ujarnya.

Melalui penugasan tersebut, ID FOOD akan melakukan pengadaan sekitar 100 ribu ton daging sapi dan Bulog akan melakukan pengadaan sekitar 100 ribu ton daging kerbau. 

Arief menuturkan, pengadaan tersebut diprioritaskan untuk memenuhi lonjakan permintaan saat Ramadan dan Idul Fitri 2023. Kedatangan dilakukan secara bertahap. Oleh sebab itu, dia mengatakan bahwa pihaknya akan percepat kedatangan daging sapi itu sebelum Lebaran.

Penugasan pengadaan ini sesuai dengan kesepakatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) dan Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas) tingkat Menteri pada Januari lalu dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan 2023 dan penguatan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP).

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...