Perusahaan Media AS BuzzFeed News Tutup Setelah 17 Tahun Beroperasi

Amelia Yesidora
23 April 2023, 09:31
Ilustrasi PHK karyawan
123rf.com
Ilustrasi PHK karyawan

Perusahaan media digital yang berbasis di New York City,  BuzzFeed News mengumumkan akan tutup. BuzzFeed News juga melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK 15% karyawannya atau setara 180 orang. 

Pengumuman PHK ini cukup mengejutkan, pasalnya baru dua tahun lalu, BuzzFeed News memperoleh penghargaan jurnalistik bergengsi, Pulitzer Prize.

“Sementara PHK terjadi di hampir setiap divisi, kami telah memutuskan bahwa perusahaan tidak dapat lagi terus mendanai BuzzFeed News sebagai organisasi yang berdiri sendiri,” kata CEO BuzzFeed Jonah Peretti pada Kamis (20/4), dalam pengumumannya. 

Lebih lanjut, kata Jonah, perusahaan akan fokus menghasilkan berita via HuffPost yang diakuisisi BuzzFeed pada 2020. Beberapa eks karyawan BuzzFeed News pun bisa mendapatkan pekerjaan di The Huffington Post (HuffPost). “Posisi ini akan disesuaikan dengan tujuan bisnis divisi tersebut serta keterampilan reporter dan redaktur BuzzFeed News,” kata Peretti.

Seiring dengan pengumuman PHK ini, saham perusahaan berkode BZFD turun 20% pada Kamis. Valuasi pasar pun turun menjadi US$ 100 juta atau setara Rp 1,5 triliun, sangat jauh dari valuasi tahun lalu yang bernilai lebih dari US$ 1,5 miliar atau setara Rp 22,5 triliun.

Dari info yang diperoleh CNN International, BuzzFeed News akan melakukan diskusi lebih lanjut terkait laman media itu. Tapi bisa dipastikan seluruh hasil kerjanya akan diarsipkan dan bisa diakses setelah media itu tutup.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...