Pemesanan Traveloka dan Tiket.com Melonjak Hingga 62% Selama Lebaran

Permintaan layanan perjalanan Traveloka dan Tiket.com meningkat signifikan setelah pemerintah memperbolehkan mudik Lebaran di tahun ini.
Image title
13 Mei 2022, 20:03
Pemesanan Traveloka dan Tiket.com Melonjak 62% Selama Lebaran
Google Play Store
Ilustrasi, tampilan platform Traveloka dan Tiket.com

Traveloka dan Tiket.com mencatatkan peningkatan permintaan layanan perjalanan hingga 62% pada periode libur lebaran tahun ini. Sebab, pemerintah telah memperbolehkan masyarakat mudik setelah dua tahun melarangnya karena pandemi Covid-19.

CMO Traveloka Shirley Lesmana mengatakan, Traveloka mengalami peningkatan permintaan yang signifikan untuk berbagai produk, seperti pemesanan tiket pesawat, hotel, kereta api, dan bus pada periode libur lebaran tahun ini.

Dalam dua pekan pertama April atau menjelang masa mudik, pemesanan tiket moda transportasi darat dan udara di aplikasi Traveloka meningkat 62% dibandingkan dua bulan sebelumnya. Sedangkan, jumlah pemesanan tiket pesawat sejak dua pekan sebelum libur lebaran meningkat 100% jika dibandingkan dengan periode yang sama 2019 atau sebelum pandemi. 

Destinasi yang mengalami peningkatan permintaan transportasi dan akomodasi selama libur lebaran meliputi Medan, Denpasar, Malang, Yogyakarta, Bandung, Padang dan Surabaya. 

Advertisement

"Peningkatan ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam melakukan perjalanan mudik atau memanfaatkan cuti bersama yang cukup panjang," kata Shirley kepada Katadata.co.id, Jumat (13/5).

Selain layanan perjalanan, animo terhadap pemesanan tiket atraksi dan wahana hiburan juga cukup tinggi di masa libur lebaran tahun ini.

Dalam mengantisipasi peningkatan transaksi, Traveloka telah bekerja sama dengan BRI untuk meluncurkan fitur travel di aplikasi BRI Mobile atau BRImo. Fitur ini memungkinkan nasabah BRI untuk memesan tiket pesawat, bus, kereta api dan hotel dari beragam mitra Traveloka. Traveloka juga mengadakan program #TemuKangen yang menawarkan potongan harga hingga 70% untuk seluruh produk perjalanan dan gaya hidup.

Begitu juga dengan Tiket.com. Public Relations Sr Manager Tiket.com Sandra Darmosumarto mengatakan, antusiasme masyarakat dalam menggunakan layanan di platform meningkat pesat pada libur lebaran tahun ini dibanding periode lebaran tahun sebelumnya. 

"Hal tersebut didorong beberapa faktor, di antaranya masyarakat yang sudah semakin banyak melakukan vaksin booster, pelonggaran kebijakan perjalanan masyarakat, serta kebijakan libur lebaran yang panjang," ujarnya. 

Dalam mengantisipasi peningkatan transaksi, Tiket.com menggelar promo ramadan tahunan, yakni Tiket Hari Raya (THR). Program berlangsung selama 21 hari penuh, mulai dari tanggal 11 April hingga 1 Mei 2022. Dalam program tersebut Tiket.com menawarkan diskon 50% ditambay ekstra Rp 550.000. Tiket.com juga mengandalkan fitur Smart Refund yang membantu pengguna dalam mengajukan pembatalan reservasi penerbangan.

Diketahui, pada libur lebaran tahun ini pemerintah memang mengizinkan masyarakat untuk bermudik. Alhasil, jumlah pemudik pun melonjak dibandingkan libur lebaran tahun lalu. Menurut survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan (Balitbang Kemenhub), ada 85,5 juta orang yang diperkirakan melakukan perjalanan mudik lebaran tahun ini.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait