Susul Boy Thohir, TP Rachmat Mundur dari Komisaris ESSA

Pendiri Grup Triputra, TP Rachmat telah mengajukan pengunduran diri dari jabatan Wakil Presiden Komisaris PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) pada 16 Maret 2022 dan berlaku efektif sejak RUPSLB hari ini.
Image title
16 Maret 2022, 17:01
Susul Boy Thohir, Pendiri Grup Triputra, TP Rachmat Mundur dari Komisaris ESSA
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.
Karyawan berjalan di dekat layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (8/12/2020). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di level 5.944 pada Selasa (8/12/2020). Posisi itu menguat 0,23 persen atau 13,65 poin dibandingkan Senin (7/12/2020) kemarin.

Theodore Permadi Rachmat atau TP Rachmat mengundurkan diri dari jajaran Dewan Komisaris PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA). Pengumuman terkait mundurnya TP Rachmat sebagai wakil presiden komisaris ESSA bertepatan dengan pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) hari ini (16/3).

"Pada tanggal 16 Maret 2022, Bapak Theodore Permadi Rachmat telah mengajukan rencana pengunduran diri Beliau selaku Wakil Presiden Komisaris PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) dan akan efektif pada tanggal pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan," kata Sekretaris Perusahaan ESSA Erfine Kumala Furi dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (16/3).

Selain menjabat sebagai wakil presiden komisaris, TP Rachmat juga merupakan pemegang 634,43 juta lembar saham atau setara 4,05%. TP Rachmat juga merupakan pendiri Grup Triputra yang bergerak di bidang agribisnis, manufaktur, perdagangan dan jasa, pertambangan, dana pensiun, hingga yayasan.

TP Rachmat mengundurkan diri dua bulan setelah Garibaldi Thohir atau Boy Thohir melakukan hal serupa pada 17 Januari lalu. Boy Thohir mengundurkan diri dari jabatan sebagai komisaris ESSA, ia juga masuk dalam jajaran pemegang saham dengan kepemilikan 3,61% saham atau setara dengan 564,99 juta saham ESSA. 

Advertisement

Sementara itu, dalam RUPSLB yang digelar hari ini, perseroan telah menerima pengunduran diri Boy Thohir dan mengangkat Arif Rachmat sebagai Komisaris baru hingga 2026. Selain itu, ESSA juga melakukan perubahan susunan anggota direksi perseroan dengan mengangkat direktur perusahaan Kanishk Laroya sebagai Wakil Presiden Direktur hingga 2026. Lalu, perseroan juga mengangkat VP Finance Prakash Chand Bumb menjadi direktur.

Komisaris baru ESSA, Arif Rachmat merupakan anak dari TP Rachmat. Arif merupakan lulusan Magister Teknik Riset Operasi dan Teknik Industri, di Cornell University, Ithaca, New York tahun 1998.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Co-Founder, Direktur, Komisioner, Presiden Direktur, dan Executive Chairman PT Triputra Agro Persada Tbk pada 2008 hingga 2021. Lalu, saat ini ia juga menjabat sebagai Komisioner PT Gema Wahana Jaya.

Saat ini Arif Rachmat juga merangkap jabatan sebagai Presiden Komisaris di PT Autopedia Sukses Lestari Tbk dan PT Triputra Agro Persada Tbk. Ia juga masih menjabat sebagai Komisaris PT Kirana Megatara Tbk dan PT Dharma Satya Nusantara Tbk. 

 

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait