Bank Danamon (BDMN) Bagi Dividen Rp 550,6 Miliar, Setara 35% dari Laba

Nilai dividen yang dibagikan kepada pemegang saham Bank Danamon setara 35% dari perolehan laba bersih perseroan sepanjang tahun 2021.
Image title
28 Maret 2022, 10:26
Bank Danamon Bagi Dividen Rp 550,6 Miliar Setara 35% dari Laba
Katadata
Stand produk keuangan Bank Danamon pada pameran Indonesia Fintech Festival and Conference 2016, Tangerang, Banten, Selasa, (30/08).

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) membagikan dividen sebesar Rp 550,6 miliar atau 35% dari total laba bersih perseroan pada 2021 senilai Rp 1,6 triliun dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar Jumat (25/3) lalu. Nantinya, setiap pemegang saham berhak memperoleh dividen tunai senilai Rp 56,33 per saham. 

"Perseroan akan terus berupaya untuk meningkatkan imbal hasil bagi para pemegang saham dengan berfokus pada dividen, dalam mewujudkan keseimbangan optimal antara modal ekuitas kuat dengan investasi strategis untuk pertumbuhan," kata Direktur Utama Danamon Yasushi Itagaki dalam keterangan resminya, dikutip Senin (28/3).

Yasushi mengatakan, tahun lalu, perseroan berhasil membukukan pertumbuhan profitabilitas yang positif dan mampu mempertahankan fundamental yang kuat di tengah pandemi dan tantangan ekonomi. Ketahanan operasional dan kesehatan Bank juga dinilai terus menunjukkan perkembangan yang kuat, dengan memberikan layanan yang stabil, dan dukungan kepada nasabah.

Tercatat, sepanjang 2021, emiten bank bersandi BDMN ini membukukan laba bersih sebesar Rp 1,6 triliun pada 2021, tumbuh 56% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 1 triliun. Pertumbuhan tersebut didukung oleh pertumbuhan kredit enterprise banking yang terdiri dari, segmen perbankan korporasi, komersial dan institusi keuangan sebesar Rp 58,2 triliun atau tumbuh 6,2% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 54 triliun.

Advertisement

"Kami terus berinvestasi di infrastruktur digital, teknologi informasi, branding, dan tim untuk fondasi yang lebih kuat," kata dia.

Ia menyebut, kolaborasi Danamon dengan Adira Finance, dan MUFG juga menjadi kunci yang memanfaatkan kekuatan dari masing-masing entitas. Ia menjelaskan bahwa, ketiganya memiliki tujuan yang sama untuk memberikan solusi keuangan yang komprehensif di seluruh segmen dan rantai bisnis, termasuk ekosistem industri otomotif dan pengembang properti. 

Ke depan, Bank Danamon berkomitmen untuk mengembangkan organisasi yang memprioritaskan kepentingan seluruh pemangku kepentingan. Hal itu disebutnya selaras dengan brand promise perseroan untuk menyediakan solusi keuangan yang dibutuhkan nasabah, yakni dapat memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka.

Selain menyetujui pembayaran dividen, RUPST Bank Danamon pekan lalu juga menyetujui perubahan komposisi anggota Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan.

Kenichi Yamato diangkat sebagai Komisaris Utama Perseroan dan Shuichi Yokoyama diangkat sebagai Komisaris Perseroan. Selain itu, Hafid Hadeli dan Thomas Sudarma diangkat masing masing sebagai Wakil Direktur Utama dan Direktur Perseroan. 

Berikut susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi Bank Danamon setelah RUPST:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama                                             :  Kenichi Yamato 

Wakil Komisaris Utama (Independen)   :  J.B. Kristiadi Pudjosukanto 

Komisaris                                                            :  Nobuya Kawasaki

Komisaris (Independen)                               :  Peter Benyamin Stok

Komisaris (Independen)                               :  Hedy Maria Helena Lapian 

Komisaris                                                            :  Dan Harsono 

Komisaris (Independen)                               :  Halim Alamsyah 

Komisaris                                                            :  Shuichi Yokoyama

 

Direksi

Direktur Utama                                               :  Yasushi Itagaki 

Wakil Direktur Utama                                  :  Honggo Widjojo Kangmasto 

Direktur                                                              :  Herry Hykmanto

Direktur                                                              :  Rita Mirasari 

Direktur                                                              :  Heriyanto Agung Putra

Direktur                                                              :  Dadi Budiana

Direktur                                                              :  Muljono Tjandra

Direktur                                                              :  Naoki Mizoguchi 

Direktur                                                              :  Thomas Sudarma 

 

 

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait