Manoj Punjabi Hingga Dewi Kam Masuk Daftar 50 Orang Terkaya RI

 Zahwa Madjid
12 Desember 2022, 14:45
Manoj Punjabi Hingga Dewi Kam Masuk Daftar 50 Orang Terkaya RI
Instagram Manoj Punjabi
Manoj Punjabi

Forbes kembali meluncurkan data 50 orang terkaya di Indonesia edisi Desember 2022. Secara kolektif, kekayaan mereka naik 11% ke US$ 180 miliar dari sebelumnya US$ 162 miliar tahun lalu.

Adapun kekayaan bersih atau net worth minimum dari daftar tersebut juga meningkat menjadi US$ 885 juta dari US$ 695 juta pada 2021.

Dari 50 daftar nama orang terkaya se-Tanah Air tersebut, ada enam pendatang baru miliarder baru di tahun ini: 

  • Dewi Kam

Dewi Kam menduduki urutan ke-21 dengan jumlah kekayaan US$ 2 miliar atau sekitar Rp 31,2 triliun (asumsi kurs 1 US$ = Rp 15,664).

Dewi mendapatkan sebagian hartanya dari saham minoritas di perusahaan tambang batu bara Bayan Resources. Kekayaan semakin meningkat ketika saham Bayan Resources naik hingga tiga kali lipat pada 2022 ini di tengah krisis energi global. Selain pertambangan, Dewi Kam juga memiliki bisnis dalam pembangunan dari pengoperasian pembangkit listrik.

  • Eddy Sugianto

Eddy Sugianto berada dalam urutan 32 dengan kekayaan sebesar US$ 1,27 miliar atau sekitar Rp 19,87 triliun (asumsi kurs 1 US$ = Rp 15,664).

Pria kelahiran Pontianak ini adalah pendiri grup pertambangan batu bara Mandiri dan presiden komisaris PT Prima Andalan Mandiri Tbk (MCOL) yang baru saja dijadikan perusahaan publik pada 2021. Prima Andalan Mandiri memproduksi 7,5 juta ton batu bara pada 2021 dan dipasarkan dengan merk Mandiri Coal.

  • Ghan Djoe Hiang

Menduduki urutan 41, Ghan Djoe Hiang juga menjadi pendatang baru dalam daftar dengan jumlah kekayaan US$ 1,07 miliar.

Ghan Djoe Hiang merupakan istri mendiang Athanasius Tossin Suharya, pendiri Grup Baramult,i perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. Baramulti Group saat ini memiliki 11 konsesi batubara di Kalimantan dan Sumatera. 

  • Bambang Sutantio

Selanjutny,a pemilik usaha  pemasok susu dan makanan olahan Cisarua Mountain Dairy atau Cimory Group, Bambang Sutantio menempatkan urutan 24 dengan jumlah kekayaan US$ 1,85 miliar.

Bambang Sutantio dalam laman Forbes mengumumkan perusahaan susu Cisarua Mountain mengumpulkan lebih dari US$ 200 juta pada Desember 2021. Perusahaan juga memiliki penjualan US$ 273 juta pada tahun 2021 atau naik 120% dari tahun sebelumnya.

    • Manoj Punjabi

Nama baru selanjutnya dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia adalah salah satu pendiri MD Media, Manoj Punjabi dengan kekayaan sebesar US$ 1,05 miliar atau sekitar Rp 16,42 triliun.

Advertisement

Manoj Punjabi bersama istri dan kedua orang tuanya, mendirikan MD Media, perusahaan studio film yang terdaftar di Indonesia MD Pictures.  MD Pictures melantai dalam bursa pada 2018 melalui IPO senilai US$ 19 juta.

  • Haryanto Tjiptodihardjo

Terakhir, Haryanto Tjiptodihardjo dengan jumlah kekayaan US$ 1,02 miliar juga masuk sebagai salah satu nama baru dalam daftar.

Haryanti menjalankan bisnis dalam bidang manufaktur, Impack Pratama Industri yang didirikan oleh ayahnya, Handojo pada tahun 1981.

Impack Pratama Industri memproduksi bahan konstruksi berbasis polimer seperti atap, lantai, dan pipa. Selain itu juga mengoperasikan lokasi manufaktur di negara Austalia, Malaysia, Selandia Baru dan Vietnam. Haryanto bergabung dengan perusahaan pada tahun 1986. 

Reporter: Zahwa Madjid
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait