Sepekan Jelang Ramadan, Permintaan di Pasar Mulai Melonjak

Andi M. Arief
25 Maret 2022, 13:22
Pedagang melayani pembeli untuk kebutuhan jelang Ramadan di Pasar Subuh Tradisional, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (10/3/2022).
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.
Pedagang melayani pembeli untuk kebutuhan jelang Ramadan di Pasar Subuh Tradisional, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (10/3/2022).

Pedagang pasar memprediksi akan ada tiga periode waktu lonjakan permintaan di pasar selama Ramadan dan Idul Fitri 2022. Persiapan dan kelancaran distribusi menjadi kunci dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) menyatakan, lonjakan permintaan pertama akan terjadi pada H-7 hingga H-3 bulan Ramadan 2022 atau dimulai akhir pekan ini. Permintaan melonjak didorong oleh tradisi masyarakat yang menyambut secara khusus masuknya bulan Ramadan. 

"Kami berharap dalam fase pertama ini pemerintah dapat menjaga pasokan bahan bahan yang ada di pasar dapat tersedia," kata Wakil Sekretaris Jenderal Kajian Penelitian dan Pengembangan Ikappi Putri Bilanova dalam keterangan resmi, Jumat (25/3). 

Setelah fase pertama terlewati, Putri meramalkan permintaan di pasar akan melandai. Titik lonjakan permintaan kedua adalah H-7 hingga H-3 Idul Fitri. 

Putri menilai persiapan dalam menghadapi lonjakan permintaan ini menjadi penting. Pasalnya, mobilitas kendaraan niaga akan dibatasi pada jalan tol maupun jalan arteri. 

Pada tahun ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membatasi mobilitas kendaraan niaga pada  28 April - 1 Mei 2022 untuk memperlancar arus mudik. Setelah itu, kendaraan niaga kembali dibatasi pada 7-9 Mei 2022 untuk memperlancar arus balik. 

Dengan kata lain, pasokan barang ke pasar akan terhenti pada hari ke-4 menuju Idul Fitri 2022, sedangkan permintaan pada masa itu diramalkan akan melonjak. 

"Fase kedua ini banyak terjadi kendala di distribusi karena beberapa komoditas harus terganggu dengan adanya arus mudik," kata Putri. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...