Pembebasan Lahan Jalan Tol Probolinggo-Besuki Capai 28%,

Andi M. Arief
26 Maret 2022, 07:15
Kendaraan melaju di jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi-Kertosono kilometer 603-604 di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (9/5/2021).
ANTARA FOTO/Siswowidodo/hp.
Kendaraan melaju di jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi-Kertosono kilometer 603-604 di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (9/5/2021).

PT Jasa Marga Tbk optimistis dapat memulai konstruksi jalan tol Probolinggo-Besuki sepanjang 46 kilometer (Km) di akhir 2022. Ruas jalan tersebut merupakan salah satu segmen Tol Probolinggo-Banyuwangi. 

Sebagai informasi, pengoperasian ruas ini akan dilakukan oleh PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB). Hingga saat ini, konstruksi Tol Probolinggo-Banyuwangi belum dimulai. 

"Jika pembebasan lahan sesuai dengan target, yaitu di akhir tahun ini, maka pengerjaan kontruksi untuk Segmen Probolinggo-Besuki juga dapat dimulai di saat yang sama dan kami optimis bisa selesai di akhir tahun 2024,” kata Direktur Utama JPB Adi Prasetyanto dalam keterangan resmi, Jumat (25/3). 

Dengan kata lain, segmen Probolinggo-Besuki akan menjadi segmen pertama yang dibangun. Adapun, ruas itu akan memiliki tiga Gerbang Tol (GT), yaitu GT Kraksaan, GT Paiton, dan GT Besuki.  

Adi mengatakan, salah satu syarat dimulainya konstruksi segmen Probolinggo-Besuki adalah pembebasan lahan lebih dari 80%. Hal ini dinilai penting agar pelaksanaan konstruksi antara gerbang satu dengan yang lainnya tidak terputus di tengah. 

Hingga pertengahan Maret 2022, lahan yang telah dibebaskan di segmen Probolinggo-Besuki mencapai 28,69%. Dengan kata lain, JBP telah membayarkan uang ganti kerugian senilai Rp  641 miliar untuk 1.247 bidang tanah. 

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), investasi yang ditelan dalam proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi  mencapai Rp 22,39 triliun. Adapun, biaya konstruksi jalan bebas hambatan tersebut senilai Rp 17,1 triliun. 

Jasa Marga tercatat memiliki konsesi atas jalan bebas hambatan ini selama 35 tahun. Adapun, titik awal jalan tol ini akan tersambung dengan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang saat ini telah beroperasi sebagian.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...