Kendaraan Mudik 2022 Diprediksi Melonjak, Waspadai Titik Kemacetan Ini

Andi M. Arief
11 April 2022, 18:01
mudik
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan yang menuju gerbang keluar tol Cileunyi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/12/2021).

PT Jasa Marga Tbk Jasa Marga memproyeksikan volume lalu lintas tol selama musim mudik tahun ini akan lebih tinggi dari realisasi 2019 atau masa sebelum pandemi. Perseroan mencatat beberapa ruas jalan tol akan menjadi titik-titik kemacetan pada mudik lebaran dan arus balik 2022. 

Direktur Utama PT Jasa Marga Tollroad  Operator A.J. Dwi Winarsa mengatakan ruas jalan tol yang harus diwaspadai adalah jalan tol di Jaringan Tol Trans Jawa (JTTJ) yang mengarah ke arah timur. Beberapa ruas yang dimaksud adalah Tol Jakarta-Cikampek, Palimanan-Kanci, dan Semarang-Batang. 

"Pemudik yang menggunakan jalur darat 40% . Dari seluruh pemudik jalur darat, 51% mengarah ke timur. Jalur yang diwaspadai tentu jalur-alur ke arah timur," kata Dwi dalam konferensi pers, Senin (11/4). 

Jasa Marga menyiapkan beberapa strategi untuk mengurai kemacetan di beberapa titik tersebut, salah satunya optimasi kapasitas gerbang tol. Jasa Marga akan mengaktifkan semua gardu Oblique Aproach Booth atau gardu miring di semua gerbang tol (GT) perseroan. Gardu miring dapat ditemukan di beberapa GT Jasa Marga, seperti di GT Banyumanik Cengkareng, Senayan, Cikampek Utama, Warugung, dan Kejapanan.

Selain itu, Jasa Marga akan mewaspadai titik kemacetan pada jalan tol aglomerasi, seperti Jakarta Outer Ring Road (JORR) II, Semarang A, B, C, dan Padalarang-Cileunyi. Ruas jalan tol aglomerasi umumnya digunakan pengguna jalan yang mau bersilaturahmi dengan kerabat yang berada di kota tetangga. 

Dwi mengatakan volume lalu lintas jalan tol aglomerasi juga akan naik lebih  dari capaian 2019. Sebab, keinginan bersilaturahmi yang tertahan selama 2 tahun karena pandemi telah dilonggarkan. "Tapi kembali, kami menyediakan saran, penugasannya tergantung diskresi kepolisian," kata Dwi. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan sebanyak 79,4 juta akan mudik pada lebaran 2022. Dengan rincian, sebanyak 13 juta orang yang akan mudik berasal dari wilayah Jabodetabek dan sisanya dari daerah lain.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...