Urai Kemacetan Arus Balik Mudik, Jasa Marga Keluarkan Rp400 Miliar

Andi M. Arief
11 April 2022, 18:13
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022).
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/tom.
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022).

PT Jasa Marga Tbk melakukan pelebaran jalan tol Jakarta-Cikampek pada Km 50 - Km 62. Hal ini dinilai penting agar perseroan dapat memecah kemacetan yang selalu terjadi saat arus balik  mudik lebaran mulai Km 66. 

Sebagai informasi, Km 66 merupakan titik pertemuan tol dari Jawa Tengah dan Bandung. Dengan kata lain, lokasi tersebut akan menjadi titik bertemunya pemudik dari Jawa Tengah dan Bandung Raya. 

Direktur Utama PT Jasa Marga Tollroad Maintenance Rudy Hardiansyah mengatakan saat ini perkembangan konstruksi pelebaran jalan tersebut mencapai sekitar 70%. Rudy masih optimistis pihaknya dapat merampungkan konstruksi tersebut selambatnya pada 22 April 2022 atau pada akhir pekan depan. 

"Kemarin hujan besar dan berturut-turut beberapa hari, itu akan menganggu kegiatan pengecoran. Tapi, akan kami kejar. Jadi, kami keroyok ramai-ramai, saya optimis selesai," kata Dwi usai konferensi pers, Senin (11/4). 

Total biaya konstruksi pelebaran jalan tol menuju Jakarta itu mencapai sekitar Rp 200 miliar. Adapun, total biaya konstruksi pelebaran jalan tol Jakarta-Cikampek pada tahun ini lebih dari Rp 400 miliar. 

Salah satu strategi yang dilakukan Rudy adalah menurunkan tiga unit alat pengecoran ke lokasi konstruksi. Selain itu, Rudy juga menambah tenaga kerja untuk mempercepat konstruksi. 

Sebagai informasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan semua alat berat dikeluarkan dari jalan bebas hambatan selambatnya H-10 Lebaran 2022. Hal tersebut penting agar pemudik tidak terganggu dengan lalu lalang alat berat. 

Adapun, hari puncak Mudik Lebaran 2022 ditargetkan terjadi pada 29 April 2022, sedangkan arus balik pada 8 Mei 2022. 

Pelebaran jalan tersebut menambah jalur di lajur menuju Jakarta  menjadi empat jalur. Alhasil, kapasitas tampung kendaraan laur Tol Jakarta-Cikampek menuju Jakarta bertambah sekitar 2.300 kendaraan per jam. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...