Arus Mudik ke Pelabuhan Merak Sempat Disetop Imbas Dermaga Penuh

Tia Dwitiani Komalasari
26 April 2022, 15:47
Sejumlah pekerja menyelesaikan renovasi penambahan fasilitas dan kapasistas Dermaga I Pelabuhan Merak di Cilegon, Banten, Rabu (30/3/2022).
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Sejumlah pekerja menyelesaikan renovasi penambahan fasilitas dan kapasistas Dermaga I Pelabuhan Merak di Cilegon, Banten, Rabu (30/3/2022).

Arus Mudik di Pelabuhan Merak sempat disetop sementara karena seluruh dermaga terpantau sudah penuh. Kepadatan pemudik di Pelabuhan Merak mengalami lonjakan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan, terjadi pergeseran arus mudik Lebaran 2022 di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Pada 2019, arus mudik di Pelabuhan Merak baru mulai ramai di malam hari.

Namun pada musim mudik tahun ini, Pelabuhan Merak mulai dipadati kendaraan sejak siang hari. "Hari ini sudah mulai terjadi pergeseran arus mudik," ujar Kapolri di Pelabuhan Merak, seperti dikutip dari Antara, Selasa (26/4).

Di sisi lain, Listyo berterima kasih karena masyarakat mendengarkan anjuran Presiden Joko Widodo untuk mudik lebuh awal. Hal ini diharapkan berdampak positif untuk mengurai kemacetan.

“Kemarin hingga hari ini, arus mudik sudah mulai terlihat," ujar Listyo.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, peningkatan jumlah pemudik di Pelabuhan merak merupakan masalah yang harus segera ditangani. Dia mengapresiasi pengelola Pelabuhan dan juga Polda Banten yang bisa mengatasi masalah tersebut dengan baik.

Budi mengatakan, Kemenhub menyiapkan dua strategi untuk mengurai kemacetan di Pelabuhan Merak. Pertama adalah membuat disparitas harga tiket penyeberangan antara malam dan siang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...