Persiapan Mudik Lebaran, Jasa Marga Uji Coba Ganjil Genap di Tol Japek

Andi M. Arief
25 April 2022, 20:12
ganjil genap, jasa marga, jalan tol, jakarta cikampek, mudik lebaran
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/foc.
Kendaraan roda empat melintas di jalan tol Serang-Rangkasbitung di Lebak, Banten, Jumat (15/4/2022).

PT Jasa Marga Tbk memulai uji coba penerapan kebijakan ganjil genap di Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek mulai hari ini, Senin (25/4) untuk menghadapi mudik lebaran. Kebijakan itu dilakukan atas diskresi Kepolisian sejak pukul 11.00 WIB.

Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (RO JTTRD) menyampaikan ada dua titik pemilahan kendaraan dalam implementasi uji coba tersebut, yakni ada Kilometer (KM) 10 dan KM 47.

Kendaraan dengan nomor polisi yang tidak sesuai akan dialihkan untuk melalui ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah dan Gerbang Tol (GT) Karawang Barat.

"Jika terjadi kepadatan saat uji coba maka akan dilakukan rekayasa lalu lintas contra flow (lawan arus) sesuai diskresi Kepolisian,” kata General Manager RO JTTRD Muhammad Taufik Akbar dalam keterangan resmi, Senin (25/4).

Taufik mengatakan pihaknya mendukung uji coba kebijakan ini di jalan tol selama musim Mudik Lebaran 2022. Adapun, dukungan tersebut ditunjukkan dengan menyampaikan informasi melalui Dynamic Mesaage Sign (DMS) untuk memastikan perjalanan pengguna jalan tetap aman.

Dia mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesehatan maupun kendaraan dalam kondisi prima saat mudik maupun saat kembali dari kampung halaman.

Juru Bicara Menteri Perhubungan Adita Irawati mengatakan penerapan rekayasa one way atau satu arah secara resmi baru akan dilakukan mulai 28 April 2022 pukul 14.00 WIB. Namun demikian, penerapan rekayasa lalu lintas one way merupakan diskresi pihak Kepolisian, dalam hal ini Korps Lalu Lintas (Korlantas).

"Dengan one way dan ganjil-genap (diterapkan) bersamaan, potensi kepadatan hingga (kendaraan) tidak bisa berjalan bisa dihindari," kata Adita dalam talkshow "Mudik Sehat, Mudik Aman 2022", Jumat (22/4).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...