Kenaikan Harga Minyak dan Volume Produksi Dongkrak Laba Anak Usaha PGN

Muhamad Fajar Riyandanu
26 April 2022, 22:31
Aktifitas Rig Offshore Sumur Tambakboyo-3 Saka Energi Indonesia di Blok Pangkah, Pantai Utara Jawa Timur, Rabu, (10/4/2019).
Wahyu Dwi Jayanto|KATADATA
Aktifitas Rig Offshore Sumur Tambakboyo-3 Saka Energi Indonesia di Blok Pangkah, Pantai Utara Jawa Timur, Rabu, (10/4/2019).

Anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (PGN),  PT Saka Energi Indonesia, mencatatkan laba bersih sekitar US$ 6 juta pada tahun 2021. Laba bersih tersebut dipengaruhi kenaikan harga minyak dunia dan peningkatan volume lifting minyak menjadi 25 ribu barel per hari sepanjang 2021.

Komisaris Utama PT PGN, Arcandra Tahar, mengatakan dampak kenaikan harga minyak dunia turut menjadi faktor pada membaiknya bisnis hulu migas tersebut. Arcandra mengatakan, kenaikan lifting bisa terealisasi berkat eksplorasi di beberapa sumur minyak baru, khususnya di Blok Pangkah.

“Kenaikan harga minyak sepanjang tahun 2021 turut mendorong pendapatan Saka Energi mengalami kenaikan yang signifikan," kata Archandra dikutip dari akun media sosial Instagram pribadinya @arcandra.tahar pada Selasa (26/4).

Pada 2021, rata-rata harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) sebesar US$ 68,13 per barel, lebih tinggi dibandingkan harga rata-rata tahun 2020 sebesar US$ 52, 77 per barel.

Mantan Wakil Menteri ESDM tersebut menambahkan, optimalisasi teknologi pada sumur-sumur eksplorasi dan eksploitasi berdampak terhadap peningkatan volume lifting minyak. Tak hanya itu, teknologi juga berdampak pada efisiensi operasional PT Saka Energi.

Membaiknya kinerja PT Saka Energi pasca Pandemi Covid-19 juga bisa dilihat dari kemampuan perusahaan dalam mempercepat pelunasan sebagian obligasi yang diterbitkan pada 2017. PT Saka Energi telah mempercepat pelunasan utang obligasinya senilai USD 220 juta pada 25 Maret 2022 lalu.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...