Mudik Lebaran, 8.000 Kendaraan dari Jawa Masuk Tol Trans Sumatera

Tia Dwitiani Komalasari
28 April 2022, 15:24
Sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Kramasan di Desa Ibul Besar III, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Hari Raya Idul Fitri 1443 H, jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Kayu Agung-Palembang mengalami kepad
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Kramasan di Desa Ibul Besar III, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Kamis (28/4/2022). Pada H-4 Hari Raya Idul Fitri 1443 H, jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Kayu Agung-Palembang mengalami kepadatan volume kendaraan dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran.

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mencatat 8 ribu kendaraan dari pulau jawa mulai memadati Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Angka ini merupakan jumlah kendaraan yang masuk ke JTTS via gerbang tol (GT) Bakauheni Selatan per Rabu (27/4) malam.

Total kendaraan yang memasuki JTTS ini meningkat 52,58% dibandingkan angka lalu lintas pada periode normal. Walau angka kendaraan yang melintas sudah cukup besar, namun Hutama Karya memprediksi masih akan terjadi peningkatan volume lalu lintas saat puncak arus mudik Jumat (29/4).

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, mayoritas kendaraan yang melintas rata-rata menuju arah Lampung via GT Kotabaru dan Palembang via GT Kayuagung Utama.

“Dari pantauan kami, mayoritas kendaraan yakni 6.970 atau sekitar 85% kendaraan keluar di Lampung lewat GT Kotabaru sedangkan sisanya menuju arah Palembang,” ujar Dwi. ‘

Dwi mengatakan, hingga saat ini belum terjadi kepadatan baik di gerbang tol maupun di jalan tol yang mengganggu kelancaran arus lalu lintas di jalan tol selama masa mudik. Namun, pemudik diminta untuk mempersiapkan rencana perjalanan dengan baik, termasuk kendaraan dan pengemudi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...