Rampung 2024, Bendungan Jragung Pasok Air untuk Tiga Daerah di Jateng

Andi M. Arief
12 Mei 2022, 15:07
Proyek Bendungan Jragung di Jawa Tengah
Humas PT Brantas Abipraya
Proyek Bendungan Jragung di Jawa Tengah

PT Brantas Abipraya menyatakan konstruksi Paket III Bendungan Jragung telah mencapai 10,12%. Bendungan yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah  (Jateng), tersebut dijadwalkan rampung pada Desember 2024. 

Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya Miftakhul Anas mengatakan, Bendungan Jragung akan memasok air baku sebanyak 1 liter per detik (lpd) untuk tiga wilayah, yakni Semarang, Demak, dan Grobogan. Selain itu, bendungan  ini dirancang untuk mengairi lahan seluas 4.528 hektar di Semarang. 

"Bendungan di Kabupaten Semarang ini mulai dikerjakan pada 2020 dengan masa pelaksanaan 1.529 hari kalender. Bendungan ini dapat memenuhi kebutuhan irigasi pertanian masyarakat Kabupaten Semarang," kata Anas dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (12/5). 

Anas mengatakan, Bendungan Jragung dapat mengurangi risiko banjir sebanyak 45% atau 200.000 lpd menjadi 170.000 lpd. Bendungan Jragung pun memiliki potensi menghasilkan energi hingga 1.400 kilowatt dari pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH). 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat,total nilai investasi yang ditelan Bendungan Jragung mencapai Rp 2,3 triliun yang berasal dari kas negara. Konstruksi Bendungan Jragung dibagi menjadi tiga paket.

PT Waskita Karya bertanggung jawab terhadap konstruksi Paket I senilai Rp 806,3 miliar. Sementara itu, kerja sama operasi (KSO) antara PT Wijaya Karya dan PT Basuki Rahmanta Putra mengerjakan Paket II senilai Rp 758 miliar, sedangkan KSO antara PT Brantas Abipraya dan PT Pelita Nusa Perkasa mengerjakan Paket III senilai Rp 735,9 miliar. 

Bendungan Jragung didesain memiliki kapasitas tampung air hingga 90 juta meter kubik. Luas genangan Bendungan Jragung ditaksir mencapai 503,1 hektar. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...