Akses Naik Candi Borobudur Dibatasi, Hanya 10% Rata-rata Kunjungan

Tia Dwitiani Komalasari
6 Juni 2022, 15:34
Delegasi pertemuan EDM-CSWG G20 memotret Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/3/2022).Kunjungan wisata peserta forum EDM-CSWG G20 Indonesis 2022 tersebut untuk memperkenalkan destinasi wisata di Indonesia.
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/Pool/rwa.
Delegasi pertemuan EDM-CSWG G20 memotret Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (24/3/2022).Kunjungan wisata peserta forum EDM-CSWG G20 Indonesis 2022 tersebut untuk memperkenalkan destinasi wisata di Indonesia.

Akses naik ke Candi Borobudur akan diatur menggunakan kuota kunjungan sejumlah 1.200 orang per hari. Jumlah tersebut setara dengan 10-15 persen rata-rata kunjungan wisatawan per hari sebelum masa pandemi.

"Hasil rapat koordinasi antar-kementerian/lembaga yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi diperlukan pembatasan kunjungan wisatawan yang akan naik bangunan Candi Borobudur dengan menerapkan sistem kuota," kata Direktur Utama PT TWC PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) Edy Setijono, dalam siaran pers, Senin (6/6).

Dia mengatakan, pembatasan tersebut ditetapkan untuk menjaga dan melestarikan bangunan Candi Borobudur. Saat ini, situas budaya tersebut mulai terdampak karena banyaknya jumlah wisatawan di masa sebelum pandemi.

Berdasarkan hasil monitoring dari Balai Konservasi Borobudur terkait pelestarian Candi Borobudur, telah ditemukan bagian dengan kondisi keausan batu dan kerusakan beberapa bagian relief. Beban dari pengunjung yang berlebihan dikhawatirkan akan berdampak pada kelestarian Candi Borobudur, termasuk penurunan kontur tanah Candi Borobudur.

"Jadi landasannya adalah kepentingan konservasi. Kebijakan kuota ditetapkan dengan jumlah maksimal 1.200 orang per hari yang boleh naik bangunan Candi Borobudur," katanya.

Sementara untuk jumlah kunjungan di masa pandemic, Edy mengatakan, pengelola juga akan mengikuti ketentuan dari Satgas Covid-19.

"Ke depan kami harapkan pandemi segera berakhir sehingga wisatawan bisa hadir ke Taman Wisata Candi Borobudur dengan lebih leluasa," katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...