Singapura Izinkan Impor Daging Ayam dari Indonesia, Ada Syaratnya

Tia Dwitiani Komalasari
1 Juli 2022, 08:08
Pekerja memeriksa kondisi kandang dan ayam di peternakan ayam modern Naratas, Desa Jelat, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (11/4/2020).
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/wsj.
Pekerja memeriksa kondisi kandang dan ayam di peternakan ayam modern Naratas, Desa Jelat, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (11/4/2020).

Badan Pangan Singapura (Singapore Food Agency/SFA) mengumumkan bahwa Indonesia telah resmi disetujui sebagai pemasok baru daging ayam beku, dingin, dan olahan untuk negeri tersebut. Hal itu bertujuan untuk diversifikasi sumber makanan baru sehingga mendukung ketahanan pangan Singapura.

“Untuk tujuan ini, dengan bangga kami umumkan bahwa Indonesia telah disetujui sebagai sumber baru untuk mengekspor daging ayam dan produk daging ayam olahan beku, dingin, dan panas ke Singapura!” tulis pengumuman tersebut yang disampaikan melalui akun facebook, Kamis (30/6).

Indonesia akan bergabung dengan negara lainnya yang lebih dulu melakukan ekspor ayam ke Singapura seperti Brasil, Thailand, dan Australia. “Akreditasi tepat waktu ini dimungkinkan melalui upaya besar dan kerjasama erat oleh SFA, Animal & Veterinary Service (cluster NParks), dan pihak berwenang Indonesia,” tulis akun tersebut.

 Meskipun demikian, SFA menegaskan bahwa ayam hanya dapat diimpor dari sumber yang terakreditasi oleh SFA. Hal itu bertujuan untuk memastikan bahwa sumber tersebut memiliki sistem, proses, dan kemampuan untuk memenuhi memenuhi standar keamanan pangan dan kesehatan hewan Singapura.

Singapura membuka peluang bagi individu dan peternakan untuk menjadi eksportir ayam ke negara tersebut. Penilaian akreditasi melibatkan evaluasi dokumenter terperinci dan audit di tempat untuk verifikasi.

“Kiriman juga akan dikenakan inspeksi, pengambilan sampel dan pengujian SFA pada saat impor. Hal ini memastikan kelangsungan strategi diversifikasi sumber SFA tanpa mengorbankan keamanan pangan,” tulis keterangan akun tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...