Sektor Transportasi Tumbuh 21%, Menhub Minta Semua Pihak Jaga Momentum

Andi M. Arief
8 Agustus 2022, 18:36
Budi Karya Sumadi
Humas Kemenhub
Budi Karya Sumadi

Badan Pusat Statistik atau BPS mendata transportasi dan pergudangan menjadi lapangan usaha dengan pertumbuhan tertinggi pada semester I-2022. Selama Januari-Juni 2022, lapangan usaha transportasi dan pergudangan tercatat tumbuh 18,56% secara tahunan. 

Secara kuartalan, pertumbuhan transportasi dan pergudangan pada April-Juni 2022 naik 21,27% dibandingkan capaian Januari-Maret 2022. Capaian ini berakselerasi lantaran pertumbuhan pada kuartal I-2022 sebesar 15,79% dibandingkan realisasi tiga bulan sebelumnya. 

Advertisement

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan pendorong pertumbuhan pada paruh pertama 2022 secara umum adalah pengoptimalan pendanaan kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), optimalisasi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), mendorong partisipasi swasta, dan transformasi struktural. 

“Hasil ini bisa menjadi indikator bahwa pemulihan di sektor transportasi yang telah kita bersama upayakan sudah terjadi. Momentum ini harus kita jaga agar pada triwulan ketiga dan keempat di tahun 2022 trennya terus meningkat,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resmi, Senin (8/8). 

Budi mengatakan akselerasi pertumbuhan pada kuartal II-2022 didorong oleh pelonggaran larangan mudik tahun ini. Sebagai informasi, pemerintah telah melarang masyarakat untuk melakukan mudik selama Bulan Ramadhan pada 2020-2021. 

Budi berencana untuk meningkatkan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan untuk mempertahankan momentum pertumbuhan kuartal II-2022 hingga akhir tahun ini. Menurutnya, kolaborasi dapat mengatasi beberapa tantangan transportasi pada paruh kedua 2022. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement