Remaja Korea jadi Miliarder Termuda Dunia, Ini Sumber Kekayaannya

Nadya Zahira
23 September 2022, 14:50
Kim Jung-ju
Courtesy of Nexon
Kim Jung-ju

Majalah Forbes menobatkan Kim Jung-youn sebagai milarder termuda di dunia. Dia merupakan putri bungsu dari pendiri Nexon Korea Selatan Kim Jung- ju,  yang meninggal pada Februari silam di usianya yang menginjak 54 tahun.

Jung-youn menjadi miliarder termuda di dunia setelah mewarisi saham di perusahaan raksasa game online milik ayahnya. Dia bersama kakak perempuannya, Jung-min, mewarisi saham di NXC perusahaan induk pribadi milik ayah mereka, dengan masing-masing saham sebesar 30,78% menurut pengajuan peraturan awal bulan ini.

Advertisement

 NXC yang berbasis di Korea Selatan adalah pemegang saham terbesar di Nexon yang terdaftar di Jepang, dengan hampir 48 persen saham. Dikutip dari Forbes, Jumat (23/9), saham  dua bersaudara tersebut diperkirakan senilai masing-masing US$ 2,5 miliar atau setara Rp37,6 triliun (Kurs Rp14.969 per USD).

Jumlah itu terhitung setelah dikurangi pajak warisan yang ditaksir bisa mencapai US$ 1,5 miliar atau Rp 22,5 triliun. Sebagai informasi, Korea Selatan merupakan salah satu negara yang memiliki pajak warisan tertinggi di dunia.

Sementara kekayaan bersih Jung-youn dan Jung-min, masing-masing diperkirakan sebesar US$ 1 miliar atau setara Rp 14,96 triliun. 

 Istri dari Jung-ju, Yoo Jung-hyun yang berusia 53 tahun mewarisi 4,57% saham di NXC dari suaminya.  Namun demikian, perempuan itu tercatat sudah menjadi milarder sebelumnya.

Yoo Jung-hyun membantu Jung-ju memulai Nexon pada tahun 1994 dan tetap menjadi pemegang saham terbesar di NXC dengan 34% saham. Dia memulai debutnya dalam daftar 50 Orang Terkaya Korea tahun ini dengan kekayaan bersih sebanyak US$ 3 miliar atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 45 triliun.

Miliarder yang dermawan

 Tidak banyak yang diketahui tentang keluarga Jung-ju. Namun Disebutkan bahwa Jung-min dan Jung-youn masing-masing lahir pada tahun 2002 dan 2004.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement