Tarif Empat Ruas Jalan Tol Trans Sumatera Segera Naik

Andi M. Arief
30 September 2022, 06:15
Foto udara ruas jalan tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) seksi II Jantho-Seulimum di Aceh Besar, Aceh, Selasa (19/4/2022).
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/nym.
Foto udara ruas jalan tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) seksi II Jantho-Seulimum di Aceh Besar, Aceh, Selasa (19/4/2022).

PT Hutama Karya akan menyesuaikan empat ruas Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS yang telah beroperasi dalam waktu dekat. Penyesuaian tersebut tetap dilakukan  meskipun saat ini terjadi inflasi dan daya beli konsumen tergerus akibat kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM.

Empat ruas JTTS yang dimaksud adalah Pekanbaru-Pangkalan, Taba Penanjung-Bengkulu, Palembang-Indralaya, dan Aceh-Sigli. 

"Nggak ada penundaan penyesuaian tarif tol, sesuai dengan jadwal dan peraturan jalan tol," kata Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto di Kantor Kementerian BUMN, Kamis (29/9).

Adapun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengumumkan akan ada penyesuaian tarif tol pada 11 ruas jalan tol hingga akhir 2022. Penyesuaian tersebut disebutkan telah mengacu pada dinamika yang terjadi di dalam negeri.

Seperti diketahui, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) akan menyesuaikan tarif pada dua ruas tol pada bulan ini. Sepanjang 2022, akan ada penyesuaian tarif pada lebih dari 30 jalan tol.

Kepala BPJT, Danang Parikesit, mengatakan pemerintah akan lebih ketat mengawasi pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) jalan tol. Pemenuhan SPM merupakan komponen utama dalam penyesuaian tarif jalan tol, sebelum diputuskan melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).  

Dalam menyesuaikan tarif tol, BPJT akan melihat pemenuhan SPM yang dibagi ke dalam delapan komponen. Komponen tersebut adalah kondisi jalan tol, kecepatan tempuh rata-rata, aksesibilitas, mobilitas, keselamatan, unit pertolongan dan bantuan pelayanan, lingkungan, dan rest area.

Menurut Danang, pengetatan pengawasan SPM kali ini dilakukan atas rekomendasi Komisi V DPR. "Jadi, pemantauan SPM akan lebih ketat," kata Danang.

 Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), panjang Jalan Tol Trans Sumatera mencapai 684,5 km. Berikut Ini daftar Jalan Tol Trans Sumatera menurut tahun beroperasi:

  1. Belawan-Medan-Tj Morawa: 42,70 km
  2. Palembang - Indralaya: 21,58 km
  3. Medan-Binjai: 17,67 km
  4. Medan-Kualanamu-Tebingtinggi: 62,11 km
  5. Bakauheni-Terbanggi Besar: 140,41 km
  6. Terbanggi Besar-Kayu Agung: 189,40 km
  7. Kayuagung-Kramasan: 37,62 km
  8. Sigli-Banda Aceh :  29,52 km
  9. Pekanbaru-Dumai:  131,69 km
  10. Binjai-Stabat: 11,80 km

Grafik:

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...