Sejumlah Pekerja Foxconn Kabur hingga Berjalan 40 Km, Ada Apa?

Tia Dwitiani Komalasari
2 November 2022, 17:26
Foxconn_common.wikimeda.org_.jpg
KATADATA /

Puluhan pekerja Foxconn terekam kamera kabur sambil membawa koper dan barang bawaannya. Mereka berjalan selama puluhan kilomter selama sembilan jam untuk keluar dari kawasan pabrik.

Kejadian tersebut bermula saatn pemerintah Cina melakukan lockdwon pada sebuah distrik di kota Zhengzhou untuk mengendalikan virus Covid-19. Lockdown dilakukan selama tujuh hari.

Para pekerja mendadak terkunci di dalam kawasan pabrik dan tidak bisa pulang. Kebijakan ini mendapatkan penentangan dari pekerja yang berada di kawasan tersebut, termasuk buruh pabrik Foxconn yang merupakan produsen iphone terbesar dunia.

Tidak sedikit buruh pabrik yang akhirnya kabur dan berjalan hingga puluhan kilometer. Salah satunya adalah Dong Wanwan.

Pria berusia 20 tahun tersebut memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya di pabrik iPhone terbesar di dunia dan berjalan pulang. Dia telah bekerja selama tiga bulan terakhir di lini produksi di pabrik Foxconn Technology Group di Zhengzhou.

Pekerjaan tersebut sebenarnya banyak didambakan oleh lulusan perguruan tinggi di Cina karena menawarkan upah terbaik di negara itu. Namun segalanya berubah saat Covid-19 menyebar di pabrik.

Pabrik masuk dalam area pembatas yang memisahkan dengan dunia luar. Sampah menumpuk di lorong dan makanan sulit didapatkan.

Saat itulah Dong mengajak saudara laki-lakinya yang berusia 19 tahun dan memulai perjalanan di mana mereka berjalan sekitar 40 kilometer (25 mil) sambil membawa barang bawaan untuk pulang. Perjalanan ke kota kecil di tenggara Zhengzhou memakan waktu hampir sembilan jam.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...