Luhut Soal Investor Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, Digarap Cina?

Tia Dwitiani Komalasari
28 Oktober 2022, 14:31
Sarana Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).
Dok. PT KAI
Sarana Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Pemerintah akan meneruskan pembangunan kereta cepat menjadi Jakarta-Surabaya. Pembangunan kereta cepat tersebut akan mempersingkat waktu tempuh Jakarta-Surabaya menjadi hanya empat jam. 

Ketika ditanya siapa investor kereta cepat Jakarta-Surabaya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tidak menjelaskan secara gamblang. Sebelumnya kereta cepat Jakarta- Bandung digarap oleh investor Cina.

"Kalau nanti pemerintah yang akan melanjutkan ini, kalau sudah jadi sampai ke Surabaya, saya kira akan membuat Indonesia lebih efisien. Ya nanti kita lihat saja, kalau kita sudah nyaman dengan ini (investor kereta cepat Jakarta-Bandung), ngapain ganti-ganti kan. Ganti istri juga kita nggak mau," katanya dikutip dari Antara, Jumat (28/10).

Sementara itu, dia mengatakan, kereta cepat Jakarta-Bandung akan rampung dan mulai beroperasi pada pertengahan 2023. Ia menyebut  tes dinamis (dynamic test) akan dilakukan bertepatan dengan penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia pada pertengahan November.

"Nanti tanggal 16 (November) ada dynamic test. Dari Bali  akan dynamic test dan itu Juni-Juli tahun depan kita sudah comissioning," katanya.

Luhut  menambahkan masalah pembengkakan biaya (cost over run) telah selesai. Pembengkakan biaya terjadi karena masalah teknis, yaitu kerusakan tanah.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...