Xi Jinping dan Jokowi Saksikan Uji Coba Kereta Cepat pada 16 November

Tia Dwitiani Komalasari
9 November 2022, 18:07
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani persiapan untuk uji dinamis di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (9/11/2022). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Kereta Cepat Jakarta Bandun
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani persiapan untuk uji dinamis di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (9/11/2022). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akan menjalani uji dinamis di sela penyelenggaran Presidensi G-20 pada 16 November mendatang.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Presiden Cina Xi Jinping dijadwalkan akan menyaksikan uji coba dinamis Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB pada 16 November 2022. Namun demikian, kedua pemimpin negara tersebut tidak datang langsung ke lokasi, melainkan menyaksikan secara daring di sela perhelatan G20 di Bali.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Didiek Hartantyo, mengatakan bahwa uji coba tersebut dilakukan dengan mengoperasikan KCJB dari Stasiun Tegalluar ke Stasiun Cikopo sepanjang 20 km. 

"Pada 16 November dilakukan G20 Showcase yang akan dilakukan secara online dan disaksikan dua presiden dari Bali," kata Didiek saat Rapar Dengar Pendapat dengan Komisi VI di Gedung DPR Jakarta, Rabu (9/11).

Dia mengatakan, Perusahaan Listrik Negara atau PLN sudha melakukan elektrifikasi jalur KCJB sebesar 150 kilo volt di kawasan tegalluar pada 2 November 2022. PT KAI juga akan melakukan uji coba dinamis mulai besok, Kamis (10/11).

Dia mengatakan, semua pengiriman rangkaian KCJB ditargetkan selesai pada 28 februari 2023. Pada bulan yang sama, PT KAI juga menargetkan untuk menyelesaikan semua instalasi sistem kereta api pada proyek KCJB,

Sementara semua uji statis dan penyelesaaian integrasi sistem ditargetkan selesai 31 Maret 2022.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...