Kereta Api Baru Semarang-Banyuwangi Beroperasi, Ada Tiket Promo

Masyarakat sudah bisa memesan tiket untuk perjalanan Kereta api Blambangan Ekspres sejak 22 November 2022.
Nadya Zahira
24 November 2022, 18:47
Petugas mengarahkan penumpang untuk menuju rangkaian kereta api Bangun Harta jurusan Jombang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (23/11/2022).
ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan/foc.
Petugas mengarahkan penumpang untuk menuju rangkaian kereta api Bangun Harta jurusan Jombang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (23/11/2022). PT

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan kereta api baru yaitu KA Blambangan Ekspres yang melayani rute Semarang Tawang – Ketapang, Banyuwangi. Khusus pemesanan tiket kereta baru tersebut, KAI memberikan tarif promo mulai dari Rp150.000. 

Kereta api Blambangan Ekspres terdiri dari 4 Kereta Eksekutif dan 3 Kereta Ekonomi dengan 440 tempat duduk dalam sekali perjalanan. Masyarakat sudah bisa memesan tiket untuk perjalanan KA Blambangan Ekspres sejak 22 November 2022.

 Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan bahwa KAI menghadirkan KA Blambangan Ekspres untuk mempermudah masyarakat dari arah Semarang menuju Jember hingga Ketapang.

 “KA Blambangan Ekspres merupakan KA pertama yang KAI operasikan dari wilayah Semarang, Cepu menuju ke wilayah Jember, Banyuwangi, hingga Ketapang ataupun sebaliknya. Hadirnya KA ini akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin bepergian ke wilayah tersebut dengan transportasi yang aman, sehat, nyaman dan tepat waktu.,” ujar Joni. 

Advertisement

Belum beroperasi setiap hari

 

 Pada tahap awal, KA Blambangan Ekspres akan beroperasi pada tanggal 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18, dan 22 s.d 31 Desember 2022. 

 KA Blambangan Ekspres keberangkatan Semarang akan berhenti di stasiun Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Jember, Kalisetail, Rogojampi, Banyuwangi Kota, dan Ketapang. 

Sedangkan KA Blambangan Ekspres keberangkatan Ketapang akan berhenti di stasiun Ketapang, Banyuwangi Kota, Rogojampi, Kalisetail, Kalisat, Jember, Tanggul, Probolinggo, Pasuruan, Bangil, Sidoarjo, Gubeng, Pasarturi, Lamongan, Bojonegoro, Cepu, Ngrombo, dan Semarang Tawang. 

Untuk mengenalkan hadirnya KA Blambangan Ekspres kepada masyarakat, KAI memberikan diskon khusus kepada masyarakat untuk periode keberangkatan 2 - 18 Desember 2022. Pada masa promo tersebut, tiket KA Blambangan Ekspres kelas Eksekutif hanya Rp250.000 dan kelas Ekonomi hanya Rp150.000. 

Joni menjelaskan, nama KA Blambangan Ekspres berasal dari salah satu nama kerajaan yakni Kerajaan Blambangan. Kerajaan Blambangan adalah kerajaan hindu yang berlokasi di Banyuwangi tepatnya di Semenanjung Blambangan di ujung timur Pulau Jawa. 

 Kerajaan Blambangan berdiri di akhir masa Kerajaan Majapahit yakni pada abad ke-13 Masehi hingga abad ke-18 Masehi. 

“Hadirnya KA Blambangan Ekspres tidak hanya untuk memberikan alternatif transportasi kepada masyarakat, tapi juga untuk membantu meningkatkan pariwisata yang ada di wilayah-wilayah yang disinggahi,” tutup Joni.

Reporter: Nadya Zahira
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait